A Pendidikan Karekter: Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permain Olahraga Tradisional Balogo

  • Kuncoro Darumoyo Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Arie Rakhman Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
  • Bonita Amalia Universitas Islam Kalimantan Muhammad Al Banjari
Keywords: Balogo, permainan tradisional, pendidikan karakter, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan implementasi permainan tradisional Balogo sebagai sarana pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar di Kecamatan Tapin Tengah, Kalimantan Selatan. Balogo merupakan permainan tradisional khas masyarakat Banjar yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan moral. Dalam dunia pendidikan, permainan tradisional dapat menjadi media yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter, karena memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan menyenangkan bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kawasan Kecamatan Tapin Tengah Kalimantan Selatan, serta dokumentasi kegiatan siswa di beberapa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan Balogo dilakukan baik melalui kegiatan pembelajaran tematik yang terintegrasi dalam kurikulum PJOK. Pembentukan ekstrakurikuler dengan guru PJOK bertindak sebagai pembina memiliki peran sentral dalam merancang kegiatan, membimbing pelaksanaan, serta mengevaluasi perkembangan karakter siswa selama bermain. Selain itu, penyelenggaaraan festival olahraga tradisional Balogo oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Kecamatan Tapin Tengah turut mendukung pelestarian permainan ini sebagai bagian dari pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Permainan Balogo terbukti mampu membentuk karakter siswa melalui pembiasaan sikap positif yang muncul secara alami dalam aktivitas bermain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Balogo tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tradisional, tetapi juga sebagai media edukatif yang relevan untuk membentuk generasi yang berkarakter sekaligus mencintai budaya bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABIDIN, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447
Amalia, B., Prayoga, H. D., & Ratna. (2023). Melestarikan Kearifan Lokal Di Kalimantan Selatan Pada Guru Kkg Pjok Tapin Tengah. Indonesian Journal of Community Engagement ( IJCE ) LPPM-STKIP Modern Ngawi, 129–135.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Atmaji, T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Melalui Permainan Tradisional Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” 1(September), 329–337. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5542
Basuki, S., & Mu’in, F. (2020). The Role of Physical Education Supervisor in Maintaining Traditional Games in South Kalimantan. International Journal of Educational Policy Research and Review Vol.7, 7(4), 131–140. https://www.journalissues.org/IJEPRR/
Budiman, A., & Karyati, D. (2021). Membentuk Karakter Kreatif : Bergerak Melalui Stimulus Permainan Tradisional. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.1-11
Cahya, S. T., Zakaria, D. A., & Kurnia, D. (2022). Minat Mahasiswa terhadap Olahraga Tradisional. Journal Respecs, 4(2), 138–147. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.3016
Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Ramadhani Putri, S., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 183–194. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.796
Fajriani, K., Pancasilawati, A., Hasmawaty, H., & Liana, H. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Balogo. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.4024
Irmawati, & Resviya. (2023). Nilai-Nilai Edukatif dalam Permainan Tradisional Balogo pada Pembelajaran Penjas di SDN-1 Sabuh Kecamatan Teweh Baru. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 87–96. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/488%0Ahttps://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/download/488/231
Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887
Lismawati, L. (2022). Representasi Kearifan Lokal Dan Filosofi Dalam Syair Lagu Banjar (Representation of Local Wisdom and Philosophy in the Banjar Song Lyric). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 12(2), 342. https://doi.org/10.20527/jbsp.v12i2.14544
Mashuri, H., & Pratama, B. A. (2019). PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENDIDIKAN JASMANI UNTUK PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Proceedings of the National Seminar on Women’s Gait in Sports towards a Healthy Lifestyle, 11(1), 1–14.
Normuliati, S., & Urahmah, N. (2023). Permainan Tradisional Balogo Pada Masyarakat Kalimantan Selatan Dalam Karya Sastra. Tashwir: Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.18592/jt.v11i1.9476
Puspodari, Himawanto, W., & Junaidi, S. (2024). Pelestarian Olahraga Tradisional di Kota Kediri melalui FORDESWITA sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Perkembangan Ekonomi Berbasis Pariwisata. ABHIPRAYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Dan Sains, 2(1), 78–83.
Rachmawati, N., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Permainan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Nilai Peduli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 125–137.
Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440
Samsurrijal, A. (2022). Permainan Tradisional Indonesia Sebagai Media Penanaman Nilai Moral Pada Siswa: Sebuah Studi Literatur. Nusantara Education, 1(1 SE-Articles), 81–93.
Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional Vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 85–94.
Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035
Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/genta/article/view/432/350
Susanto, B. H. (2017). Pengembangan Permainan Tradisional Untuk. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 117–130.
Tamyiz, M. (2024). Pembukaan Art Festival Tapin 2024 Meriah Dengan Seni Budaya Lokal. Lentera Kalimantan. https://lenterakalimantan.com/2024/08/pembukaan-art-festival-tapin-2024-meriah-dengan-seni-budaya-lokal/
Wulandari, D. (2023). Upaya Mengenalkan Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Permainan Tradisional Balogo Kalimantan. ECJ: Early Childhood Journal, 4(2), 86–95. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i2.4823
Published
2025-05-30
Section
Articles