Pengembangan Flipbook Interaktif Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook interaktif guna meningkatkan kemampuan self regulated learning (SRL) pada anak usia dini. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa sebagian besar anak berada dalam kategori “baik” dan “sangat baik”, yang mengindikasikan dampak positif dari penggunaan media tersebut. Validasi ahli dan penilaian guru menunjukkan bahwa flipbook interaktif layak, praktis, dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Media ini juga mendukung prinsip Zona Perkembangan Proksimal dari Vygotsky, dengan memberikan scaffolding yang tepat. Flipbook terbukti mampu mengembangkan kemampuan pengendalian diri pada anak dengan proses belajar yang menyenangkan.
Downloads
References
Andriyani, E., Muhaimin, M., & Syaiful, S. (2021). The Pengaruh Model Self Regulated Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 54–64.
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.” Tohar Media.
Asrafil, Guntur, M. ikhsan sahal, & Wicaksono, B. (2021). Optimization of Worked Example-Problem Solving Pair to Increase Learning Independence and Reduce Cognitive Load. Indonesian Journal of Mathematics Education, 4(2), 53–65. https://doi.org/10.31002/ijome.v4i2.6246
Azizah, I. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Vygotsky Pada pembelajaran Matematika Materi Geometri. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(April), 19–26.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. New York. Springer Science+Business Media.
Budianto, A. A. (2023). Pentingnya pendidikan inklusif: Menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 12–19.
Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31–38.
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis self-regulated learning dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10.
Gandana, G., Aprily, N. M., Loita, A., Fauzi, R. A., Arifah, C., & Arosyidah, R. (2023). Peran Media Digital dalam Bingkai Etnopedagogik sebagai Upaya Optimalisasi Pencapaian Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Masa Depan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2117–2125.
Guntur, M. I. S., & Setyaningrum, W. (2021). The Effectiveness of Augmented Reality in Learning Vector to Improve Students ’ Spatial and Problem-Solving Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(05), 159–173. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v15i05.19037
Guntur, M. I. S., Setyaningrum, W., Retnawati, H., & Marsigit, M. (2020). Assessing the Potential of Augmented Reality in Education. The 11th International Conference on E-Education, E-Business, E-Management and E-Learning (IC4E 2020)--EI & Scopus, 93–97. https://doi.org/10.1145/3377571.3377621
Guntur, M. I. S., Setyaningrum, W., Retnawati, H., Marsigit, M., Saragih, N. A., & Noordin, M. K. bin. (2019). Developing augmented reality in mathematics learning: The challenges and strategies. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 211–221. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.28454
Halamury, M. F., Muliyani, M., Kakiay, S., & Kainama, N. (2025). Phenomenological Study of Teachers’ and Early Childhood Children’s Experiences in Learning through the Joyful Learning Approach at PAUD Hatuhuran, Kairatu District, West Seram Regency. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(2), 302–310.
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 44–58.
Haslinda, S. N., Nurmalasari, N., Mulyani, S., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Flipbook “Ayo Sambung” untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah Bersambung pada Pembelajaran PAI Kelas 2 SD. ISLAMIKA, 6(3), 795–809.
Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Maharani, F., Fauziah, P. Y., & Guntur, M. I. S. (2021). Penggunaan contoh dalam pembelajaran matematika sekolah menengah dalam persepsi guru. PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 151–162. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ pythagoras.v16i2.37279 PE
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Nurachadijat, K., & Selvia, M. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Implementasi Kurikulum dan Metode Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 57–66.
Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114.
Salsabila, N. N., Aprilia, A., & Wahyuningtyas, T. A. (2024). Prokrastinasi Akademik Pada Generasi Strawberry: Pendekatan Solutif Melalui Self Regulated Learning. EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance, 1(2), 21–28.
Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Pustaka Media Guru.
Supriatna, N. (2019). Pengembangan kreativitas imajinatif abad ke-21 dalam pembelajaran sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73–82.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Virmayanti, N. K., Suastra, I. W., & Suma, I. K. (2023). Inovasi Dan Kreatifitas Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 515–527.
Yuliarsih, T., Santosa, S., & Mutiansi, D. (2024). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar, Pada Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 328–346.