An Analisis Kemampuan TPACK Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Ekonomi pada Program Asisten Mengajar Satuan Pendidikan
Abstract
dari calon guru Pendidikan Ekonomi yang berpartisipasi dalam program bantuan pengajaran. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menemukan bahwa para peserta secara umum menunjukkan kemampuan TPACK yang baik hingga sangat baik, dengan kemahiran tertinggi dalam Pengetahuan Konten (CK) dan integrasi TPACK. Namun, Pengetahuan Pedagogis (PK) masih menjadi area yang perlu ditingkatkan, terutama terkait penggunaan strategi instruksional yang bervariasi dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Program bantuan pengajaran memainkan peran penting dalam memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan pengetahuan konten dalam pengaturan kelas yang otentik. Terlepas dari kekuatan-kekuatan ini, penelitian ini menyoroti perlunya pelatihan PK dan Technological Content Knowledge (TCK) yang lebih terstruktur dan kontekstual, pendampingan intensif, dan peningkatan akses ke sumber daya teknologi. Temuan-temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengalaman lapangan praktis dalam pendidikan guru dan menginformasikan pengembangan kurikulum untuk memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21 dan Society 5.0 dengan lebih baik. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pembuat kebijakan dan pendidik yang ingin meningkatkan kompetensi TPACK dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing global. Penelitian di masa depan direkomendasikan untuk menggunakan desain yang lebih komprehensif, mempertimbangkan variabel-variabel tambahan yang mempengaruhi, dan membandingkan efektivitas model pelatihan TPACK yang beragam.