The Meningkatkan English Speaking Skills Melalui Metode Role Play Pada Mahasiswa DIII Keperawatan Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

indonesia

  • Farida Esmianti Poltekkes kemenkes bengkulu
  • Yenni Puspita Prodi DIII Kebidanan Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Indah Fitri Andini Prodi DIII Kebidanan Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu
Keywords: Metode Role Play, Keterampilan Berbicara, Mahasiswa Perguruan Tinggi

Abstract

Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Speaking Skill) Bahasa Inggris Menggunakan Metode Bermain Peran (Role Play) Pada mahasiswa tk 1 keperawatan (Penelitian Tindakan Kelas di DIII Keperawatan Kampus B Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu  Tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa menggunakan metode bermain peran (role play) di Tk 1 Keperawatan Curup, Rejang Lebong Penelitian ini dilaksanakan di  Keperawatan Curup Kampus B Rejang Lebong Bengkulu khususnya di tingkat 1 Keperawatan . Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi ini menunjukkan bahwa diperoleh data yaitu pada akhir siklus I presentase keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 66,2%. Pada akhir siklus II presentase nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan menjadi 82,7%. hasil penelitian ini adalah metode bermain peran (role play) dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasisa  khususnya pada mahasiswa perguruanTinggi.

 

Katakunci : Metode Role Play, Keterampilan Berbicara, Mahasiswa Perguruan Tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhafidz. 2010. Metode Sosiodrama dan Metode Role Playing.
https://www.academia.edu/8982073/Metode_Role_Playing. Diunduh pada 19 Desember 2015.
Arifin. 2006. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Aktivitas Guru Dan Hasil Belajar Siswa, Majalah Ilmiah Ukhuwah Volume 1 No.4.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Literasi.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung: Rosda. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iskandar, Denny. 2015. Speaking and Learning. http://file.upi.edu.
Diunduh pada 10 Januari 2016.
https://www.learner.org/workshops/artsineveryclassroom/. Diunduh pada 11 Januari 2016.
Hurlock, Elizabeth B. 2002. Developmental Psychology, edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Jalil, Jasman. 2014. Easy Guide to Classroom Action Research. Jakarta: LibraryAchievement.eneliti.
Published
2025-05-30
Section
Articles