The Meningkatkan English Speaking Skills Melalui Metode Role Play Pada Mahasiswa DIII Keperawatan Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
indonesia
Abstract
Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Speaking Skill) Bahasa Inggris Menggunakan Metode Bermain Peran (Role Play) Pada mahasiswa tk 1 keperawatan (Penelitian Tindakan Kelas di DIII Keperawatan Kampus B Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu Tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa menggunakan metode bermain peran (role play) di Tk 1 Keperawatan Curup, Rejang Lebong Penelitian ini dilaksanakan di Keperawatan Curup Kampus B Rejang Lebong Bengkulu khususnya di tingkat 1 Keperawatan . Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi ini menunjukkan bahwa diperoleh data yaitu pada akhir siklus I presentase keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 66,2%. Pada akhir siklus II presentase nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan menjadi 82,7%. hasil penelitian ini adalah metode bermain peran (role play) dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasisa khususnya pada mahasiswa perguruanTinggi.
Katakunci : Metode Role Play, Keterampilan Berbicara, Mahasiswa Perguruan Tinggi
Downloads
References
https://www.academia.edu/8982073/Metode_Role_Playing. Diunduh pada 19 Desember 2015.
Arifin. 2006. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Aktivitas Guru Dan Hasil Belajar Siswa, Majalah Ilmiah Ukhuwah Volume 1 No.4.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Literasi.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung: Rosda. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iskandar, Denny. 2015. Speaking and Learning. http://file.upi.edu.
Diunduh pada 10 Januari 2016.
https://www.learner.org/workshops/artsineveryclassroom/. Diunduh pada 11 Januari 2016.
Hurlock, Elizabeth B. 2002. Developmental Psychology, edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Jalil, Jasman. 2014. Easy Guide to Classroom Action Research. Jakarta: LibraryAchievement.eneliti.