HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI AKADEMIK DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PJKR FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi akademik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) FKIP Universitas Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 122 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengukur motivasi akademik, digunakan instrumen Academic Motivation Scale (AMS), sedangkan informasi mengenai IPK diperoleh dari data akademik mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Spearman Rank, mengingat data yang diperoleh tidak mengikuti distribusi normal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara motivasi akademik dan IPK mahasiswa (r = -0,045, p = 0,621). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa motivasi akademik bukan merupakan faktor utama yang memengaruhi IPK mahasiswa. Faktor lain seperti strategi belajar, lingkungan akademik, dan keterlibatan non-akademik diduga turut memengaruhi pencapaian prestasi akademik.
Downloads
References
Aminul Qodat (2020) Ranah Keterampilan/Psikomotor Dalam Teknik Instrumen Assesmen, Jurnal Pendidikan, Volume 1 No 2, Juni 2020 : 056 - 071
Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276
Elfian, E., Ariwibowo, P., & Johan, R. S. (2018). Peran Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Produktivitas Pendidikan. Sosio e-Kons, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.1870
Frezy Paputungan (2022) Affcetive Development Theory, Journal Of Education And Culture (Jeac) Vol. 2 Nomor 2, Oktober 2022 | Issn: 2986-1012 (Media Online)
Ilma, N. (2015). PERAN PENDIDIKAN SEBAGAI MODAL UTAMA MEMBANGUN KARAKTER BANGSA. 3.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM PROSES PERUBAHAN SOSIAL DI DESA TUMALUNTUNG KECAMATAN KAUDITAN KABUPATEN MINAHASA UTARA. HOLISTIK, Journal of Social and Culture. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/holistik/article/view/25466
Jenilan, J. (2018). FILSAFAT PENDIDIKAN. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1588
Kurniawan, A., Kw, S., & Suriswo, S. (2023). Pengaruh Bimbingan Belajar Berpendekatan Behavioristik Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Ki Gede Sebayu Balapulang Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021(Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII A). Prosiding Seminar Nasional Literasi Dan Pedagogi (SRADA), 91–97.
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110
Marvianto, R. D., & Widhiarso, W. (2019). Adaptasi Academic Motivation Scale (AMS) versi Bahasa Indonesia. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/gamajop.45785
Mayasari, B., Idayanti, T., Arismawati, D. F., & Wardani, R. A. (2018). HUBUNGAN PERSALINAN PREMATUR DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RUANG BERSALIN RSU DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KOTA MOJOKERTO. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.36720/nhjk.v7i1.32
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Razak, Y., Syah, D., & Aziz, A. (2016). KEPEMIMPINAN, KINERJA DOSEN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI. Tanzhim, 1(02), Article 02.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Publications.
Sadiq, F. W. M. J., & Hassan, M. M. (2021). Konsep Kendiri dan Gaya Pembelajaran terhadap Motivasi Akademik dalam kalangan Mahasiswa. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i2.683
Sakdiah, S., Suryadi, T., & Putri, A. R. (2018). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MENDERITA DISPEPSIA FUNGSIONAL. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 18(1), Article 1. https://jurnal.usk.ac.id/JKS/article/view/11210
Saptono, Y. J. (2016). MOTIVASI DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA.
Shaleh, M. (2014). PENGARUH MOTIVASI, FAKTOR KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS DAN AKTIF BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122
Suliadi, S. (2022). KODE R DAN SELANG KEPERCAYAAN KORELASI BERDASARKAN EMPIRICAL LIKELIHOOD SERTA IMPLEMENTASINYA PADA KORELASI PDRB DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 DI INDONESIA. STATISTIKA Journal of Theoretical Statistics and Its Applications, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.29313/statistika.v22i1.357
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Syah, M. C. (2019). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Motivasi Akademik Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 7(2), 78–85. https://doi.org/10.15408/jp3i.v7i2.12099
Zainudin (2023) Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 7(2), 78–85. Https://Doi.Org/10.15408/Jp3i.V7i2.120