- PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR

-

  • Fadhil Huzaifi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Alfi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fajar Dwi Rukma Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: pendidikan, pembelarajan, inklusi, strategi, kreatif

Abstract

Pendidikan inklusi membutuhkan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengakomodasi keberagaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengeksplorasi strategi pembelajaran kreatif yang diterapkan di SD Negeri Manahan, 2) mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran kreatif yang diterapkan di SD Negeri Manahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam dengan GPK (Guru Pendamping Khusus), observasi non-partisipatif yang dilakukan di kelas inklusi untuk mengamati secara langsung penerapan strategi pembelajaran kreatif oleh guru, dan studi dokumentasi yang melibatkan analisis RPP, silabus, dan dokumen relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) SD Negeri Manahan menerapkan strategi seperti pembelajaran berbasis proyek, berbasis permainan, dan kegiatan di luar kelas. 2) Terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya pengetahuan guru, minimnya sumber daya manusia khususnya GPK (Guru Pendamping Khusus), serta keberagaman kemampuan siswa.  Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan sekolah dalam upaya pengembangan sendidikan inklusi meliputi pelatihan guru, optimalisasi fasilitas, dan kerjasama dengan orangtua. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran kreatif untuk mendukung pendidikan inklusi, serta menyoroti pentingnya peningkatan kapasitas guru dan penyediaan sumber daya memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeny, A. N., Rahmadhani, L. W., Azzahra, S. M., & Santoso, G. (2022). Analisis dan Evaluasi: Program Pendidikan Inklusi Melalui Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 118–126. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/495
Aisy, R. R., Hasanah, L., Nurmalita, N. F., Barat, G., & Timur, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 46–53.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Cuong, D. H., Son, P. N., Kim Thuong, D. T., Thuy Linh, N. T., & Bich Hien, N. V. (2024). Building an Innovative Learning Ecosystem: A Model for Secondary Schools in Hanoi, Vietnam. TEM Journal, 13(3), 2115–2126. https://doi.org/10.18421/tem133-39
Joseph Mandyata, Dubeka M. Mwendalubi, Katongo Bwalya, & Oswell C. Chakulimba. (2020). Strategies Teachers Use in the Management of Inclusive Classrooms in Primary Schools Lessons from Kazungula and Livingstone Districts, Zambia . Zambian Journal of Educational Management, Administration and Leadership (ZJEMAL) , 1(1), 157–178.
Lee, B. X., Kjaerulf, F., Turner, S., Cohen, L., Donnelly, P. D., Muggah, R., Davis, R., Realini, A., Kieselbach, B., MacGregor, L. S., Waller, I., Gordon, R., Moloney-Kitts, M., Lee, G., & Gilligan, J. (2016). Transforming Our World: Implementing the 2030 Agenda Through Sustainable Development Goal Indicators. Journal of Public Health Policy, 37(1), S13–S31. https://doi.org/10.1057/s41271-016-0002-7
Martir, L., Una, W., Soro, V. M., Beku, V. Y., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Strategi Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Inklusi Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti Berkebutuhan Khusus, 1, 1–10.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Minsih, M., & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Mukti, H., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2023). Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala dan Solusi dalam Implementasinya. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 761–777. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.8559
Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index
Putranti, N. D., & Tanjungpura, U. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif di SMAN 3 Pontianak. Jurnal Untan, 355–370.
Ristiantita, M., Sari, A. Y., Azahra, N. A., Winarsih, I. O., Alkhoiri, M. F., Mubarak, M. F., & Mayarni, M. (2024). Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Kelas 5. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.290
Rosiana, G., Lestari, V. A., Bangsa, P., Info, A., Threaded, M. P., & Kreatif, B. (2024). Model Pembelajaran Threaded Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah, 18(2), 381–390.
Sahira Dina. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif (MATHEMATIC ADVENTURE QUEST) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(7), 129–140.
Saidah, Dwijanto, I. J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2012, 1042–1045.
Salma, Q. A., & Najibah, F. (2025). Pendidikan Inklusi di SDN Ciracas Jakarta Timur : Tantangan dan Implementasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–20.
Saputri, D. A. R., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi pada Peserta Didik Kelas V. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2083
Sartini. (2024). Tantangan Kepemimpinan Adaptif Dalam Dunia Pendidikan Di Era Generasi Milenial Sartini, Andriani Chondro, Harun Joko Prayitno, Indri Chairunissa. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 98–110.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 169–183. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704
Silaen, R., Aritonang, M. L., Hasugian, F. F., Lahagu, H. M., & Sihombing, M. A. B. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 52–58. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira
Sudarta. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Inklusi terhadap Prestasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 1 Bocor. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 16(1), 1–23.
Sugiyono. (2018). Analisis Data Kualitatif. Research Gate, March, 1–9.
Tabriji, J. (2025). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas III SDN Gempol Kolot 2. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 3.
Tahsinia, J., & Pujiaty, E. (2024). Strategi pengelolaan pendidikan inklusif untuk meningkatkan aksesibilitas di sekolah dasar. Jurnal Tahsinia, 5(2), 241–252.
Windasari, R., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2024). Strategi Efektif untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran IPS Bagi Guru Sekolah Dasar. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 54–68.
Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108
Published
2025-05-30
Section
Articles