Systematic Literature Review: Kurikulum Adaptif Di Lembaga PAUD Inklusi

  • Octavian Dwi Tanto Universitas Jember https://orcid.org/0000-0003-4180-0322
  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa Universitas Negeri Surabaya
  • Ajeng Rizki Safira Universitas Trunojoyo Madura
  • Yuli Tri Andini Universitas Jember
Keywords: Pendidikan Inklusif, PAUD Inklusif, Kurikulum Adaptif

Abstract

Implementasi kurikulum adaptif dipandang sebagai representasi penerapan kurikulum ideal di lembaga PAUD. Konstelasi kurikulum adaptif dalam pembelajaran anak usia dini mengambarkan kegiatan belajar bermakna yang representatif dengan kebutuhannya. Guru PAUD memiliki banyak variasi dalam menentukan tujuan, isi materi, proses pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Sejauh ini penerapan kurikulum adaptif dipandang sebagai learning model yang ideal bagi guru PAUD untuk diterapkan baik pada anak normal maupun anak yang tergolong memiliki different ability. Kegiatan belajar berorientasi kurikulum adaptif memenuhi prinsip dasar pembelajaran anak yang bersifat individual differences. Anak-anak yang terfasilitasi pembelajaran dengan menggunakan kurikulum adaptif memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi tumbuh kembangnya tanpa memandang beragam latar belakang kemampuan hingga aspek sosial dan budayanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengintepretasikan dokumen kebijakan dan hasil penelitian yang berkaitan dengan implementasi kurikulum adaptif di lembaga PAUD inklusi. Data-data penelitian diambil dari mesin pencari Google dan Google Schoolar yang difilter dengan kentuan dokumen yang masuk dalam kriteria inklusi. Dokumen tersebut kemudian disintesiskan dan diintepretasikan menggunakan teknik ekstraksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum adaptif memiliki bentuk penerapan yang variatif mulai dari kurikulum eskalasi, duplikasi, modifikasi, substitusi, dan omisi. Variasi penerapan kurikulum di PAUD inklisif diterapkan dengan menyesuaikan tingkat Standar Capaian Perkembangan Anak dan kebutuhan belajar anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, Y. T., Atika, A. N., Tanto, O. D., & Weyara, S. (2024). Ethnopedagogy for Early Childhood in the Osing Tribe Banyuwangi Regency. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 05(2), 447–453.
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019
Chasanah, U. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif Dengan Pendekatan Humanisme Religius. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 9(1), 91–119. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v9i1.3192
Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 2017. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15657
Hidayah, N., Wijayanti, A., & Tanto, O. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Taktuk Payung Pada Anak Kelompok B TK Dharma WanitaPacing Padas Ngawi. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(2), 175–194. https://doi.org/DOI : 10.21580/joecce.v3i2.16900
Hurlock, E. B. (2002). Perkembangan Anak Jilid 2 (Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Irbah, A. N., Prasetyo, E., & Putro, K. Z. (2023). Implementasi Program PAUD Inklusi Pasca Pandemi Covid 19. Kindergarten:JurnalPendidikanAnakUsiaDiniIndonesia, 02(01), 1–10.
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. Pernik Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.
Jhon W. Santrock. (2012). Life Span Development, Perkembangan Masa-Hidup (Tiga Belas). Erlangga.
Koesmadi, D. P., Kusumastuti, N., & Tanto, O. D. (2021). Psikologi Perkembangan Anak (1st ed.). STKIP Modern Ngawi.
Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah (2024).
Kurniawati, H., Setyaninrum, I. R., & Astutik, F. A. (2021). Desain Pendidikan Inklusi Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di PG TK Alam Patrick Depok. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 246–258. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i2.394
Kurniawati, R., Setyorini, W., Ahdaniyah, D. M., & Buton, M. (2023). Kurikulum dan Pembelajaran Program Pendidikan Inklusi PAUD. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(May), 1307–1312. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1307-1312.2023
Kusuma, W. S., Sukmono, N. D., & Tanto, O. D. (2022). Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisonal Dakon, Vygotsky Vs Piaget Perspektif. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 67–81.
Lestari, B. D., Samta, S. R., Nisak, H., & Rahayu, S. S. (2022). Kurikulum Pendidikan Inklusi Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Evaluasi Program Pembelajaran. Sentra Cendekia, 3(1), 32–40.
Lestari, P. S., Kusumastuti, N., & Tanto, O. D. (2023). Nilai-Nilai Gotong Royong Anak Usia 5-6 Tahun dalam Permainan Tradisional Bapangan. JURNAL PENDIDIKAN: RISET & KONSEPTUAL, 7(3), 361–368. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.719
Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68. https://doi.org/ttps://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.967
Melati, H. P., Setiasih, O., & Zaman, B. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Inklusi : Sebuah Analisis Literatur dan Implikasinya. Journal on Early Childhood, 7(3), 1007–1018. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.826
Nurjannah, S., & Hermanto, H. (2023). Modifikasi Kurikulum untuk Mengakomodasi Pendidikan Inklusif Guna Mendukung PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4819–4836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4898
Oktaviana, R., Kusumastuti, N., & ... (2023). Jaranan Culture as A Means of Role-Playing for Children Aged 4-5 Years. Nilai-Nilai Gotong Royong Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Permainan Tradisional Bapangan, 7(2), 201–210. https://doi.org/DOI: 10.29313/ga:jpaud.v7i1.11771
Permendikbud. (2014). No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. In Kemdikbud.
Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah (2022).
Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah (2022).
Syafi, I., & Rosyidah, L. (2022). Adaptive Curriculum Development Model in Inclusive Schools. Jurnal Penelitian Medan Agama, 13(02), 67–72.
Tanto, Octavian Dwi, & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi, 4(2), 587–586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019a). Keterampilan Sosial Pengrajin Tatah Sungging Cilik Kepuhsari. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 83. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2405
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019b). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Tanto, O. D., Weyara, S., Saputri, D., Hapsari, S. M., Tittandi, N. A., Zulaikhah, S., & Jember, U. (2024). Interpertasi Fungsi Pendidikan Informal sebagai Dasar Penyelenggaraan Pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(20), 1525–1538.
Undang-undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tahun No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Pub. L. No. 31, 18 (1945).
Utami, A. N. (2023). Model Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Inklusif Di Yayasan Wahana Inklusif Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wahyuni, S., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1400
Published
2025-01-27