Implementasi Model Problem-Based Learning Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Abstract
Artikel ini bertujuan mengungkap permasalahan pembelajaran IPS yang belum diajarkan secara terpadu dan alasan para siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran IPS serta upaya perbaikan menggunakan model problem-based learning. Metode penulisan menggunakan studi kepustakaan dari berbagai literatur. Hasil studi kepustakaan mengungkapkan bahwa pembelajaran IPS yang bersifat terpadu di sekolah bukan menjadi permasalahan apabila guru memiliki pemahaman yang baik tentang disiplin ilmu-ilmu sosial. Faktor penyebab siswa kurang tertarik pada pembelajaran IPS yaitu penempatan jam pelajaran sebagai pelengkap di siang hari, kinerja guru, dan model pembelajaran yang kurang sesuai. Upaya perbaikan untuk mengatasi hal tersebut yaitu mengarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Salah satunya adalah menggunakan model problem-based learning. Pembelajaran IPS yang memfokuskan pada penyelidikan dan pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari, sangat tepat apabila menggunakan model PBL.
Downloads
References
Arends, Richard I. & Kilcher, Ann. (2010). Teaching for Student Learning, Becoming An Accomplished Teacher. New York: Routledge
Susilowati, Arum & Sutama. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9 (1), 1-43, https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.129705
Baihaqi, M. R. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. 5(2).
Ban, Q. (2023). The Role of Teacher in the PBL Teaching Model. In L. F. Ying, Ts. Dr. S. H. Halili, & D. Mishra (Eds.), Proceedings of the 2nd International Conference on Education, Language and Art (ICELA 2022) (pp. 754–763). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-004-6_92
Depdiknas RI. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: FKIP Unud
Jancic, P. (2017). TEACHERS’ ATTITUDES TOWARD CONSTRUCTIVIST TEACHING OF SOCIAL STUDIES IN PRIMARY SCHOOLS (WITH THE EMPHASIS ON LEARNING FORMS). International Journal of Research in Engineering and Technology, 06(15), 6–12. https://doi.org/10.15623/ijret.2017.0615002
Jasumayanti, E. (2013). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR JURUSAN PENDIDIKAN DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK.
Karima, M. K. (2018). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPS DAN STRATEGI JITU PEMECAHANNYA.
Komar, A., & Winarsih, N. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI TINGKAT SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS SDN KEBONSARI KULON 3 KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2020-202.
Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: How teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 2. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x
Mishra, R. K. (2014). Social Constructivism and Teaching of Social Science. Journal of Social Studies Education Research, 5(2). https://doi.org/10.17499/jsser.22283
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002
Muzakki, H. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Ki Hajar Dewantara serta Relevansinya dalam Kurikulum 2013.
Ningsih, S. R., Sumantri, M. S., Nurjanah, N., & Utomo, E. (2019). Enhancing Elementary School Students’ Learning Outcomes in the Field of Social Sciences Studies through Problem Based Learning Method. Al-Ta Lim Journal, 26(2), 97–111. https://doi.org/10.15548/jt.v26i2.572
Nofiaturrahmah, F. (2015). PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MI YANG MENYENANGKAN. 3(2).
Permatasari, B. D., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2019). The influence of problem based learning towards social science learning outcomes viewed from learning interest. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 39. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594
Puspa, C. I. S., & Sundawa, D. (2023). Implementing Problem-Based Learning Models In Social Studies To Improving Students Moral Character. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 49–60. https://doi.org/DOI: 10.37680/qalamuna.v15i1.2157
Puspita, A. D., Maryani, I., & Sukma, H. H. (2023). Problem-based science learning in elementary schools: A bibliometric analysis. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(2), 285–293. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20856
Rahayu, N., Ruskandi, K., & Wahyudin, D. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. 5(2).
Rasimin, R., & Ma’mun, S. (2021). Effectiveness of problem-based learning model in empowering creative thinking ability of elementary school students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 13(1), 74–90. https://doi.org/10.18326/mdr.v13i1.74-90
Rosidah, Ani (2016). Penerapan media pembelajaran visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ips. CAKRAWALA. 2(2), 121-126
Rossal, J. D. (n.d.). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA KARTU BELAJAR BAGI GURU SD/MI DI KEC. BULUSPESANTREN KEBUMEN.
Rusaman, S. O., Harviansyah, D., & Arga, H. S. P. (2018). IMPROVEMENT OF SOCIAL SKILLS IN COOPERATION THROUGH APPLICATION OF MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) ON IPS LEARNING IN BASIC SCHOOL. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 1(2), 93. https://doi.org/10.22460/collase.v1i2.2262
Sapriya, et.al. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544
Syamsidah, & Hamidah, S. (2018). Buku Model Problem Based Learning. In Deepublish. Penerbit Deepublish
Wati, A., Sinaga, R. M., Widodo, S., & Miswar, D. (2023). Social Studies Learning Based On Problem Based Learning In Preventing Bullying Behavior At Junior High School 25 Tumijajar. 41(2).
Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology: Developing Learners with MyLab Education with Enhanced Pearson eText, Loose-Leaf Version— Access Card Package (9th Edition). New York: Pearson College Div.
Zamroni. (n.d.). Rekonstruksi konsep IPS di Indonesia. Retrieved 3 Januari, 2025, from http://fis.uny.ac.id/id/berita/ips-dapat-masuk-disiplin-pendidikan-karakter.html








