Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik melalui Pengembangan Skenario Pembelajaran Berbasis Saintifik
Abstract
Hasil survey PISA pada tahun 2015 dan 2018 mengalami penurunan yang menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skills peserta didik belum optimal sehingga diperlukan pengembangan skenario pembelajaran yang lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan karakteristik skenario pembelajaran berbasis saintifik, (2) pengembangan skenario pembelajaran berbasis saintifik, dan (3) mengetahui keefektifan skenario pembelajaran berbasis saintifik untuk meningkatkan HOTS peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode modifikasi Sukmadinata dan Thiagajaran, et al. yang terdiri dari fase define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IV SD Negeri di Kabuapaten Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes HOTS dan angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data HOTS menggunakan Independent Sample T-Test berdasarkan gain score pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis gain score menunjukkan taraf signifikansi 0,019 kurang dari α = 0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan HOTS peserta didik pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan skenario pembelajaran berbasis saintifik dapat meningkatkan HOTS peserta didik kelas IV di SD Negeri Kabupaten Ngawi
Downloads
References
American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.
Booth-LaForce, C., & Kerns, K. A. (2014). Child-parent attachment relationships, peer relationships, and peer-group functioning. In K. H. Rubin, W. M. Bukowski, & B. Laursen (Eds.), Handbook of peer interactions, relationships, and groups (pp. 490-507). New York, NY: Guilford Press.
Keller, T. E., Cusick, G. R., & Courtney, M. E. (2015). Approaching the transition to adulthood: Distinctive profiles of adolescents aging out of the child welfare system. Social Services Review, 81, 453- 484.
Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/
Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x
Shyyan, V., Thurlow, M., & Liu, K. (2015). Student perceptions of instructional strategies: Voices of English language learners with disabilities. Minneapolis, MN: National Center on Educational Outcomes, University of Minnesota. Retrieved from the ERIC database.(ED495903)
Williams, J. H. (2019). Employee engagement: Improving participation in safety. Professional Safety, 53(12), 40-45.
Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J.-Y., Coatsworth, D., Lengua, L.,...Griffin, W. A. (2016). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child programs for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68, 843-856.








