Analisis Respon Orang Tua Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe
  • Rachma Hasibuan
  • Melia Dwi Widayanti
Keywords: Kurikulum Merdeka, Pandangan orang tua, fleksibilitas, responsivitas, kesiapan guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan orang tua terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode yang digunakan adalah survei dengan 120 responden yang terdiri dari orang tua anak-anak yang bersekolah di lembaga PAUD yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan wawancara terstruktur, serta observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua (70%) merasa puas dengan fleksibilitas yang ditawarkan oleh kurikulum ini, dan 65% merasa kurikulum lebih responsif terhadap kebutuhan anak. Namun, terdapat kekhawatiran di kalangan orang tua (55%) terkait kesiapan guru dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun orang tua mengapresiasi fleksibilitas dan responsivitas kurikulum, diperlukan peningkatan pelatihan dan pendampingan bagi guru untuk memastikan implementasi yang lebih efektif dan sesuai dengan harapan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aegustinawati, A., & Sunarya, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Paedagogy, 10(3), 759. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Anggraini, R., & Suriansyah, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 3).
Anjeliani, S., Dwi Yanti, L., Aisyah, S., & Riski Saputra, M. (2024). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Bertram, T., Pascal, C., Cummins, A., Delaney, S., Ludlow, C., Lyndon, H., Hencke, J., Kostek, M., Knoll, S., & Stancel-Piatak, A. (2016). Early Childhood Policies and Systems in Eight Countries Findings from IEA’s Early Childhood Education Study. http://eces.iea.nl
Dwi Pertiwi, P., Nindiasari, H., Sultan Ageng Tirtayasa, U., Guru Matematika, K., & Merdeka, K. (2024). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kata kunci (Vol. 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Indra Daulay, M., & Fauzidin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD (Vol. 9, Issue 2).
Lisna. (2024). ANALISIS PROSES TAHAP PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PAUD AL-AMANAH.
Listia1, W. N., Hidayati, I., Septi, D., Wulan, A., Febianti, M., & Zahra, P. A. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak TK Al Ihsan Medan. 5.
Malaikosa, Y. M. L. (2021). Penguatan life skills peserta didik dengan pendekatan ekonomi kreatif. V(2), 300–312.
Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and learning management: Integration of creative economy value to improve students’ life skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253
Mandala, J. P., Jimus, F., Neno, K. J. T., & Fallo, D. Y. A. (2024). Analysis of the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Informatics Subjects for Class VIII Students of Smpk Santo Yoseph Naikoten, Kupang City. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Rahayu, C., Warlizasusi, J., & Khairiah, D. (2022a). Concept analysis of the independent learning curriculum in the mass of covid 19 at early childhood education institutions. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–37. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Rahayu, C., Warlizasusi, J., & Khairiah, D. (2022b). Concept analysis of the independent learning curriculum in the mass of covid 19 at early childhood education institutions. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–37. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429
Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. In Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS) (Vol. 1, Issue 4). https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps
Rosnelli, R. (2023). Implementation of Learning Management for Creating Early Childhood Independence Character. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3039–3046. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4580
Sope, Y. A. (2024). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA PAUD, GAMBARAN UMUM, IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI UNTUK PAUD. https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal
Veryawan, V., Hasibuan, R. H., Anisaturrahmi, A., Rosmiati, R., Fitriani, D., Hafiz, A., & Rahma, R. (2023). Analysis of the implementation of the Merdeka curriculum with Pancasila-profiled learners in early childhood education. Aṭfālunā Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 81–95. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v6i2.6517
Yuliantina, I. (2024). Implementasi Kurikulum PAUD dalam Mendukung Transisi PAUD-SD. Efektor, 11(2), 135–143. https://doi.org/10.29407/e.v11i2.23919
Published
2025-01-27