Pengaruh Faktor Individu, Psikologis dan Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pns dan Non Pns Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Weru Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor individu, psikologis dan organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru PNS dan Non PNS di Taman Kanak-kanak se- Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: (1) uji prasyarat analisis yaitu validitas instrument, reliabilitas instrument, (2) Uji Hipotesis, pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi parametrik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa faktor individu (X1) berpengaruh terhadap kinerja guru PNS (Y1). (2) Bahwa faktor psikologis (X2) berpengaruh terhadap kinerja guru PNS (Y1). (3) Bahwa faktor organisasi (X3) tidak berpengaruh terhadap kinerja guru PNS (Y1). (4) Faktor Individu (X1), Faktor Psikologi (X2) dan Faktor Organisasi (X3), berpengaruh secara signifikan bersama-sama terhadap Kinerja Guru PNS (Y1). (5) Bahwa faktor individu berpengaruh terhadap kinerja guru non-PNS (Y2). (6) Bahwa faktor psikologis berpengaruh terhadap kinerja guru non-PNS (Y2). (7) Bahwa faktor organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru non-PNS (Y2). (4) Faktor Individu (X1), Faktor Psikologi (X2) dan Faktor Organisasi (X3), berpengaruh secara signifikan bersama-sama terhadap Kinerja Guru non-PNS (Y2)
Downloads
References
Undang-Undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Gibson & Ivancevich & Donnely. (1994). Organisasi dan Manajemen. Perilaku, Struktur, Proses (Edisi keempat). Erlangga.
Irawan, A., Maarif, M. S., & Affandi, M. J. (2015). Faktor-Fakor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Direktorat Jurnal Pendidikan Tinggi. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.17358/jabm.1.1.55
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137 (2014).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Pendidik PAUD, Pub. L. No. 16 (2007).
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Sri Wahyuni, Adam Idris, & Muhammad Noor. (2013). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrative Reform (JAR), 1(3).
Terimajaya, I. wayan. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Umum Setda Kabupaten Tabanan. GANEC SWARA, 16(1), 1348. https://doi.org/10.35327/gara.v16i1.272
Undang-Undang RI Tentang Guru Dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).








