Deskripsi Nilai Karakter Mandiri dalam Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas IV-B di SD Negeri 031 Tarakan

  • Degi Alrinda Agustina Universitas Borneo Tarakan
  • Muttaqin Universitas Borneo Tarakan
  • Kartini Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Kurikulum Merdeka, Mandiri, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan karakter mandiri penting dalam pembentukan karakter siswa yang bertanggung jawab terhadap proses dan hasil belajar, sesuai dengan elemen Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan melalui Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter mandiri dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas IV-B di SD Negeri 031 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Informan penelitian terdiri dari siswa kelas IVB, guru kelas, dan guru koordinator P5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek S1, dengan tingkat kemandirian tinggi, telah menunjukkan kesadaran diri dan regulasi diri yang baik dalam mengenali potensi, mengelola emosi, dan bertanggung jawab atas pembelajaran. Subjek S2, dengan tingkat kemandirian sedang, memiliki kesadaran diri yang cukup baik namun masih memerlukan bimbingan dalam pengelolaan emosi dan kemandirian. Subjek S3, dengan tingkat kemandirian rendah, masih menghadapi kesulitan dalam mengenali potensi diri dan mengatur emosi. Penerapan nilai karakter mandiri dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas IV-B di SD Negeri 031 Tarakan telah berjalan cukup baik, meskipun masih memerlukan cara peningkatan terutama dalam aspek regulasi emosi dan pengendalian diri siswa. Oleh karena itu, penguatan elemen kesadaran diri dan regulasi diri perlu terus diupayakan untuk mendukung terbentuknya karakter mandiri sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, E. R., Wandini, R. R., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Bahri, S., & Akhmad, N. A. (2022). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6
Hartati Rismauli, N. U. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.
Manalu, F., Rostika, D., Furi Furnamasari, Y., Pendidikan No, J., Wetan KecCileunyi, C., & Bandung, K. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV SD di Sekolah Kak Seto. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(3), 207–220.
Nurjanah, S., Yoseptry, R., Rahmawati, Y., Ambarwati, Y., Rahayuningsih, D., Karakter, I., Pelajar, P., Melalui, P., Sholat, P., Smp, D. Di, Madani, B., Bandung, K., Di, D., Bintang, S., Kota, M., & Nurjanah, B. S. (2023). Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di SMP Bintang Madani Kota Bandung. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 314–326. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.556.Implementation
Pendidikan, F. I., Sekolah, S., & Atas, M. (n.d.). SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Fazaiz Khoirotun Chisan Abstrak.
Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260
Rizky, Rafieqah Nalar and Mahardika, A. (2023). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1275--1289.
Ummah, M. S. (2019), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Vitri, V., Wicaksono, A. G., & Hanafi, M. F. (2024). Analisis Profil Pelajar Pancasila pada Elemen Mandiri Untuk Membentuk Siswa Kelas II B di SD Negeri Joglo No 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(76), 10822–10828. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/13994%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/13994/10782
Published
2025-01-27