Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital

  • Melda Hasna Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: digitalisasi, sekolah dasar negeri, analisis SWOT, sekolah digital, Kota Banjarmasin

Abstract

Digitalisasi pendidikan menjadi keharusan di era teknologi informasi saat ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperluas akses bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan digitalisasi pengelolaan sekolah dasar negeri di Kota Banjarmasin dengan menggunakan dua faktor utama dalam analisis SWOT, yaitu strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis penerapan digitalisasi di sekolah dasar negeri di Kota Banjarmasin melalui analisis SWOT. Data dikumpulkan melalui angket kepada 1 orang kepala sekolah, 3 orang guru, dan 1 orang tenaga kependidikan dari dua sekolah di setiap kecamatan, serta observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di kecamatan Banjarmasin Tengah dan Timur memiliki kesiapan yang baik dalam penerapan teknologi, dengan infrastruktur yang memadai dan guru-guru yang familiar dengan digitalisasi. Kendala signifikan muncul di kecamatan Banjarmasin Selatan dan Utara akibat kurangnya akses internet dan perangkat teknologi, serta rendahnya kompetensi digital di kalangan guru, terutama yang berusia lebih senior. Selain itu, kurangnya dukungan dari kepemimpinan dan stakeholder juga menjadi faktor penghambat. Adapun dari hasil penelitian ini merekomendasikan untuk lebih memperhatikan kesiapan infrastruktur teknologi dan kompetensi digital SDM agar upaya penerapan digitalisasi dapat berjalan efektif serta efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aah Ahmad Syahid, A. H. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611.
Albugis, I. S. (2020, Mei). Penerapan Resource Allocation Pada Pembangunan Shelter Pengungsi di Kabupaten Sitaro. Jurnal Sipil Statik, 8(3), 453-462.
Anita, S. I. (2022, Juni). Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-12.
Atiqoh, A. Z. (2023, September-Desember). Penerapan Model Kepemimpinan Situasional Menurut Hersey dan Blandhard Pada Lembaga Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3663-3670.
Bernadus Aris Ferdinan, L. I. (2024, Agustus). Organizational Inertia: Semi-Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 29(2), 207-220.
Cut Nelga Isma, R. R. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta'dib, 14(2), 129-141.
Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia. Jurnal Pekommas, 17(2), 81-90.
Health, C. F. (2020, Juli 18). Sinergi Pemangku Kepentingan sebagai Kunci Keberhasilan Sekolah Sejahtera. Diambil kembali dari Center For Public Mental Health Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada: https://cpmh.psikologi.ugm.ac.id/2020/07/18/sinergi-pemangku-kepentingan-sebagai-kunci-keberhasilan-sekolah-sejahtera/
Iqbal Zaenal Muttaqien, M. M. (2023). "Strategi Pengelolaan Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pada Lembaga Pendidikan Islam". INNOVATIVE, 3(3), 6798-6811.
Lesilolo, H. J. (2018, Desember). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS, 4(2), 186-202.
M., D. R. (2017). Penerapan Konsep Resources-Based View (RBV) Dalam Upaya Mempertahankan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 82-95.
Mashuri, D. N. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatakn Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97-112.
Nugroho, R. (2024). Budaya Organisasi Yang Mendorong Inovasi Kerja. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(2), 882-893.
Nurhidayatullah. (2024, September). Peran Teknologi Dalam Optimalisasi Manajemen Tenaga Kependidikan di Era Digital. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 4981-4991.
Oliver Wyman, C. W. (2023). Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Rafsanjani, H. (2019). Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Masharif al-Syariah, 4(1), 1-27.
Saripa Abdullatif, F. A. (2023). Pengelolaan Digitalisasi Sekolah Pada Sekolah Penggerak. Pedagogika, 14(1), 46-63.
Sundari, T. E. (2021, Desember). Stakeholders Dalam Pendidikan. At-Tazakki, 5(2), 285-296.
Supriatna, E. (2023, Mei-Juni). Inisiatif Partisipasi Sosial Dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah: Studi Kasus pada Jaringan Kerja dan Kolaborasi Antara Lembaga Pemerintah, LSM, dan Masyarakat Sipil di Indonesia. Al Qalam, 17(3), 1828-1848.
Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 1(3), 94-103.
Published
2024-10-21