Layanan Kemahasiswaan di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Barru

  • Taufik Universitas Muhammadiyah Barru
  • Amir Universitas Muhammadiyah Barru
  • Fiptar Abdi Alam Universitas Muhammadiyah Barru
Keywords: Mahasiswa, Bimbingan Konseling

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana layanan kemahasiswaan mendukung pengembangan Keterampilan serta minat dan bakat mahasiswa di Program Studi Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bentuk, pelaksanaan, dan hasil dari layanan tersebut dalam pembinaan keterampilan dan minat bakat mahasiswa di Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ketua HMJ BK periode 2023-2024, dan mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan survei. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan akhir, sementara keabsahan data diperiksa menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa layanan kemahasiswaan mengacu pada keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Barru Nomor: 115/KEP/III.3.AU/A/2023 mengenai Peraturan Kemahasiswaan. Layanan Pembinaan Keterampilan mencakup: bentuk layanan seperti LDKM, pementasan, pelatihan public Speaking, serta agenda kajian atau diskusi. Pelaksanaannya melibatkan pembentukan kepanitiaan untuk setiap program, diikuti dengan pendaftaran dan pembagian kuesioner kepada mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa telah meningkatkan kemampuan komunikasi, manajemen waktu, kepemimpinan, dan kepercayaan diri mereka. Layanan Minat dan Bakat mencakup: bentuk layanan seperti POPSI BK (Pekan Olahraga dan Pentas Seni) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Pelaksanaannya melibatkan penyebaran kuesioner untuk mengidentifikasi aspirasi minat dan bakat mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan program-program terkait. Hasil dari layanan ini termasuk prestasi dalam event bulutangkis yang merupakan hasil dari latihan rutin yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Felia, E. (2016). Pengaruh Layanan Administrasi Dan Layanan Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Stkip-Pi Yaspi Makassar.
Hariko, R. (2024). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 11.
H Kara, O. A. M. A. (2018). Media Massa Dan Peran Radio Dalam Melestarikan Bahasa Daerah.
Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 7(2), 107–115.
Kementrian Hukum Dan Ham. (2012). Uu Ri No. 12/2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Undang
Undang, 18.
Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills
Lutfiana, V., Wulandari, T. D., & Lathifah, N. (2024). Keterampilan Membangun dan Mengembangkan Bakat-Minat Siswa dan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 48-56.
Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya Pengembangan Bakat Atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 230–243. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Bintang
Misnaniarti, & Najmah, M. (2021). Monitoring Ketersediaan Obat Terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau.
Purnawati, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Grapari Telkomsel Samarinda. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(4), 571–585. Http://Ejournal.Adbisnis.Fisip-Unmuh Barruuh Barruuh Barruuh Barruuh Barruul.Ac.Id
Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka. Alfabeta,Cv.
Suharyanti, C., Murtini, W., & Susilowati, T. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran Dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 4(1), 1–8.

Togo, Miguel Gregory Junior Rumerung, J., & Lapod, M. (2022). Kajian Kompetensi Hard Skill Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara.Jurnal Mabp, 4(3), 67–78. Http://Jurnal.Polimdo.Ac.Id/Index.Php/Mabp/Article/View/425
Wijaya, N. (2023). Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan
Published
2024-10-21