ASESMEN ERA DIGITAL : PEMANFAATAN APLIKASI EXAM BROWSER SEBAGAI MEDIA ASESMEN DI MADRASAH TSANAWIYAH
Abstract
Pada era digital, asesmen pendidikan mengalami transformasi signifikan dengan teknologi digital yang membuat pengukuran pembelajaran lebih efisien, akurat, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pemanfaatan Exam Browser dalam asesmen tengah semester dan akhir semester di MTs Minsyaul Wathon Grogolan, Dukuhseti, Pati. Selain itu, penelitian ini menganalisis kendala dalam penerapan Exam Browser serta strategi untuk mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor efisiensi, ekologis dan etis merupakan diantara faktor yang mendasari penggunaan Exam Browser. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan fitur auto correction untuk soal esai, siswa yang terlalu cepat mengerjakan soal, dan percobaan kecurangan menggunakan split screen. Ketiadaan Generator Set (Gen Set) sebagai penyuplai listrik saat pemadaman menjadi kendala sarana prasarana. Strategi yang diterapkan fokus pada siswa, seperti pengaturan durasi minimal pengerjaan soal dan auto restart untuk mencegah kecurangan. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi satuan pendidikan sejenis dalam menerapkan asesmen pada era digital.
Downloads
References
Akbar, J. S. (2023). LANDASAN PENDIDIKAN: Teori dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 dan Society 5.0 di Indonesia. Jambi: PT Sonpedia Publishing.
Arifin, Z. (2017). Pengelolaan Kelas: Konsep dan Strategi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Brookhart, S. M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. ASCD.
Brown, M., & Green, A. ( 2016). The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. Routledge.
Brown, P., & Adams, J. (2023). Infrastructure Challenges in Modern Education. Routledge.
Gulbahar, Y., & Tinkler, M. (2023). Computer-Based Assessment and the Role of Technology in Learning. Educational Technology.
Hendriana, H. (2023). Pengembangan Asesmen Sumatif di Era Digital. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jones, L., & Roberts, M. (2021). Student Performance and Digital Assessment. Springer.
Kamali, M. H. (2019). Shari’ah Law: An Introduction. Oneworld Publications.
Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2011). Systems Analysis and Design. Pearson Education.
Kurniawan, A. (2022). Teknik Asesmen Diagnostik dalam Pendidikan Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusuma, R., & Sari, N. ( 2022). Penerapan Teknologi Exam Browser pada Ujian Madrasah: Keuntungan dan Kendala. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 21(1), 89-102.
Lee, J., & Kim, H. (2023). Pengembangan Aplikasi dan Kompatibilitas Perangkat dalam Asesmen Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Lo, A. (2016). Green IT and Sustainable Computing: Practices and Theory. CRC Press.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review,, 50(4).
Miller, K., & Kim, Y. (2023). Securing Online Examinations: The Role of Exam Browsers. Journal of Educational Technology, 20(3), 45-58.
Mulyadi, R. (2022). Evaluasi Keamanan dan Efektivitas Asesmen Berbasis Exam Browser dalam Ujian Online. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 55-68.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, B. (2019). Penerapan Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, R. (2022). Asesmen Pendidikan: Teori, Prinsip, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saxena, A., & Jain, S. (2019). Digital Learning: Emerging Technologies and Trends. Springer.
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2021). Motivation and Social Cognitive Theory. Contemporary Educational Psychology, 61.
Smith, A. (2022). Exam Integrity in the Digital Age. Academic Press.
Smith, L., & Chen, R. (2022). Managing Technical Disruptions in Digital Assessments. Springer.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan: Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanjung, J. S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Penelitian Sosial dan Humaniora. Andi Publisher.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2017). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 36(1), 157-178.
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2020). 21st Century Skills. Springer.
Wang, X., & al., e. (2024). Digital Distractions and Academic Performance. Educational Technology Research and Development.
Widodo, M. (2018). Asesmen dalam Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
AH. (April 2024). Wawancara pribadi [Wawancara pribadi].
NR. (April 2024). Wawancara pribadi [Wawancara pribadi].
Peneliti. (April 2024). Observasi di MTs Minsyaul Wathon, Dukuhseti, Pati [Observasi pribadi].
ZM. (April 2024). Wawancara pribadi [Wawancara pribadi].








