Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Menggunakan Pendekatan Audio Visual

  • ajiek wisnu wardhana STKIP Modern Ngawi
  • Aba Sandi Prayoga STKIP Modern Ngawi
Keywords: Audio Visual, Dribbling, Sepakbola

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dribbling di SD Negeri Beduri Ponorogo dan menegetahui apakah audio visual dapat meningkatkan kemampuan teknik dribbling siswa SD Negeri Beduri Ponorogo pada permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 anak. Metode dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi kondisi awal, Tes siklus I dan Tes siklus II.

            Dari hasil penelitian ini menunjukan: pendekatan melalui audio visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Beduri Ponorogo. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui observasi kondisi awal, Siklus I, dan Siklus II. Dalam observasi kondisi awal jumlah siswa keseluruhan 24, yang tuntas 2 anak atau 10%. Dalam proses pemebelajaran siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 anak atau 54,16%. Dalam proses pembelajaran siklus II jumlah siswa yang mampu tuntas 19 anak atau 79,16%. Dengan pendekatan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran dribbling sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri Beduri Ponorogo, Tahun 2020.

Published
2022-10-05
Section
Articles