Telaah Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Melaya

  • Ika Sofyana STKIP Modern Ngawi
  • Dela Munifatul Hasanah STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi

Abstrak

Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Melaya, khususnya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah telaah pustaka (literature riview), dan analisis dokumen secara kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen kurikulum SMA Negeri 1 Melaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas lebih besar bagi guru dalam merancang pembelajaran berbasis proyek dan penguatan karakter, sehingga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Sementara itu, Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih terstruktur dan berorientasi pada pencapaian kompetensi dasar dengan penilaian yang sistematis. Kendala yang dihadapi dalam implementasi kedua kurikulum meliputi kesiapan guru, keterbatasan sarana prasarana, dan adaptasi terhadap perubahan metode pembelajaran. Secara keseluruhan, Kurikulum Merdeka dinilai lebih efektif dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan abad 21, sedangkan Kurikulum 2013 unggul dalam standarisasi evaluasi hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dan penyediaan fasilitas pendukung untuk mengoptimalkan pelaksanaan kedua kurikulum di SMA Negeri 1 Melaya.

Referensi

Angga, dkk. 2022. "Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka ". Jurnal Basicedu. Vol. 6, No 4. Halaman 5877-5889.

Anggraheni, F. (2025). Workshop Pengembangan Media Pendidikan Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Quizziz, Kahoot, dan Padlet. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 6, 19–25. https://doi.org/10.37471/ijce.v6i1.1144

Anggraheni, F. Y., Kismiantini, K., & Ediyanto, F. (2022). Multilevel Model Analysis to Investigate Predictor Variables in Mathematics Achievement PISA Data. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 12(2), 95–104. https://doi.org/10.46517/seamej.v12i2.184

Anggraheni, F. Y., & Maspiroh, I. (2025). The Higher Education System : Basic Concepts and Implications for Institutional Governance. Antroposen Journal of Social Studies and Humaniora, 4(13–24). https://doi.org/10.33830/antroposen.v4i1.12131

Aransyah, A., dkk. 2023. "Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung Jurnal Teknologi Pendidikan Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 8, No 1, Halaman 136-147.

Ari, A., dkk. 2023. "Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMA". Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5, No. 1. Halaman 1707-1715.

Aulia, D., dkk. 2022. "Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA". Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305. Vol. 1, No. 1. Halaman 67-78

Diterbitkan
2025-08-01