Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran penerapan media gambar operasihitung bilangan cacah untuk guru dan siswa.Sesuai dengan kebutuhan siswa meliputi menarik dan praktis agar memiliki manfaat untuk menjadikan pengalaman belajar siswa menjadi lebih bermakna.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan menggunakan data yang sudah didapatkan berdasarkan wawancara,observasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang ada disekolah masih kurang menarik minat belajar siswa dan sebagian besar siswa membutuhkan media gambar pembelajaran matematika terutama pada materi operasi hitung bilangan cacah.
References
Anggraheni, F. Y. (2024). The Effectiveness of IBL and PBL Models in Terms of Self- Confidence and Students ’ Metacognitive Ability. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 433–440. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1057
Anggraheni, F. Y., & Kismiantini. (2022). Relationships of metacognition and learning time to mathematics achievement-PISA 2018 findings in Indonesia. AIP Conference Proceedings, 2575(1), 1–8. https://doi.org/10.1063/5.0108028
Anggraheni, F. Y., Kismiantini, K., & Ediyanto, F. (2022). Multilevel Model Analysis to Investigate Predictor Variables in Mathematics Achievement PISA Data. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 12(2), 95–104. https://doi.org/10.46517/seamej.v12i2.184
Anggraheni, F. Y., Kismiantini, & Wijaya, A. (2023). Analysis of Metacognition Ability to Solve Mathematics Problem. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 13(1), 19–30. https://doi.org/https://doi.org/10.46517/seamej.v13i1.183
Arief S. Sadiman (2010). Media Pedndidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnnya. Jakarta: Rajawali Pres.
BasukiWibawa.(1991). MediaPengajaran.Jakarta:Depdikbud. Daryanto.(2011).PenelitianTindakanKelasdanPenelitianTindakanSekolahBesertaContoh- Contohnya.Yogyakarta:GavaMedia.
MulyonoAbdurrahman.(2010).PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar.Jakarta:PT. RinekaCipta.NurlevAvana, dkk, pembelajaranmatematika SD kelastinggi, (JawaTengah :Lakcisha, 1 juli 2022. Hal 1-2