The PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN PASSING PENDEK PADA PEMAIN SEPAK BOLA USIA 10-12 TAHUN DI SSB BABAT UNITED BERBASIS MODUL

indonesia

  • M ibnu arif arrosyid Ibnu Universitas negeri malang
Keywords: modul, passing, sepak bola, ssb babat united

Abstract

Sepak bola yaitu salah satu olahraga bola besar yang di mainkan oleh 11 orang satu tim. Salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola adalah teknik passing, dalam teknik passing ada 2 macam yaitu teknik passing pendek (jarak dekat) dan teknik passing panjang (jarak jauh). Oleh sebab itu, untuk melatih teknik dasar passing dalam sepak bola diperlukan variasi latihan passing. latihan ini sangatlah cocok untuk pemain di usia dini anta 10-12 tahun. Adapun penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan variasi latihan teknik passing pendek pada pemain sepakbola usia 10-12 tahun di SSB Babat United. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang di modifikasi menjadi ADD yang didalamnya terdapat 3 langkah yaitu : (1) Analisis kebutuhan (2) Desain produk (3) Uji ahli sebanyak 2 penguji yaitu uji kepelatihan dan uji ahli sepakbola. Analisis kebutuhan penelitian dari 15 pemain ditemukan 90% pemain sangat membutuhkan pengembangan variasi latihan passing pendek yang lebih bervariatif supaya tidak bosan dan bersemangat pada saat latihan. Berdasarkan hasil rekapitulasi dengan jumlah presentase peneltian keseluruhan melalui penilaian dalam aspek (1) kemenarikan (2) kemudahan (3) kesesuain (4) keefektifan, ditemukan 92,12%Hasil uji validasi ahli ini menyatakan bahwasa produk pengembangan variasi latihan passing pendek pada pemain sepak bola usia 10-12 tahun di SSB Babat United ini sangat valid dan layak untuk digunakan.

Published
2023-05-24
How to Cite
Ibnu, M. ibnu arif arrosyid. (2023). The PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN PASSING PENDEK PADA PEMAIN SEPAK BOLA USIA 10-12 TAHUN DI SSB BABAT UNITED BERBASIS MODUL : indonesia. Journal Active of Sports, 3(1), 24-33. Retrieved from https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JAS/article/view/634
Section
Articles