MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN JATIGEMBOL 5 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
Abstract
Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatigembol 5 Ngawi, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 21 dengan rincian siswa 16 siswa putri dan 5 siswa putra. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gerakkan passing bawah bola voli mini melalui modifikasi bola plastik, di SDN Jatigembol 5 Ngawi Tahun 2020, Aktivitas peneliti dalam mengajar gerakkan passing bawah bola voli mini melalui modifikasi bola plastik pada siklus pertama 70%, sedang pada siklus kedua setelah melakukan perbaikan pada RPP, aktivitas peneliti dalam mengajar mencapai 80 %. Pada siklus kedua ini mengalami kenaikan sebesar 9%. Mengacu pada indikator ketercapaian aktivitas peneliti dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran gerakkan passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik mencapai 73 %, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan perubahan skenario pembelajaran di RPP, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 86 %, hal ini berarti ada kenaikan sebesar 13% pada pelaksanaan siklus kedua. Peneliti juga mengajukan saran, yaitu : (1) Bagi siswa, agar meningkatkan semangat belajar siswa dalam kondisi dan keadaan apapun, ketahuilah bahwa belajar itu sangat menyenangkan dan menjadikan diri siswa lebih berprestasi, serta kembangkanlah potensi dan skill sesuai dengan apa yang disukai, (2) Bagi guru, agar menggali ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakanlah pembelajaran yang praktis, aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan, gembira dan berbobot
Copyright Notice
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Journal Active of Sports (JAS) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
-
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
-
Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
-
Open Data Commons Public Domain Dedication and Licence, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/