UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI DRILL MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS IV SDN MEDURI V TAHUN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui : upaya peningkatkan hasil belajar passing bawah sepak bola melalui drill modifikasi bola pada siswa kelas IV SDN Meduri V Tahun 2019/2020. Metode digunakan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan dua jenis data yang dianalisis berupa kemampuan passing bawah sepak bola, dan Hasil belajar passing sepak bola.
Penelitian ini menggunakan Subjek dari penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Meduri V Tahun Ajaran 2019 / 2020 yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri atas tes dan observasi guna mengumpulkan data terkait kognitif, afektif dan psikmotor.
Hasil analisis pada siklus I menunjukkan hasil ketrampilan passing bawah sepak bola meningkat dari 57% pada kondisi awal menjadi 86% pada akhir bagian siklus I, selain itu kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan passing bawah sepak bola meningkat dari 57 % pada kondisi awal menjadi 86 % pada akhir siklus I. kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar passing bawah sepak bola meningkat sesuai target capaian yang dicantumkan pada proposal. Dan dinyatakan sudah tidak perlu lagi adanya siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan pendekatan latihan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing bwaha sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri Meduri V tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah sepak bola pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Meduri V meningkat dibandingkan pada kondisi awal, dan memenuhi target ketuntasan belajar pada akhir siklus I
Copyright Notice
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Journal Active of Sports (JAS) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
-
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
-
Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
-
Open Data Commons Public Domain Dedication and Licence, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/