Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMK Modern Ngawi

  • Amiratih Siti Aisyah Amiratih STKIP Modern Ngawi
  • Dwita Faizatun Ni’mah STKIP Modern Ngawi
  • Endang Setiyorini STKIP Modern Ngawi
  • Yeni Endah Risdiana STKIP Modern Ngawi
Keywords: Implementasi, Kurikulum, Merdeka, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Modern Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Modern Ngawi telah memberikan manfaat dalam meningkatkan kreatifitas siswa dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga bisa mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangannya. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, seperti siswa yang pasif kurang bisa menyesuaikan, karena pada kurikulum merdeka ini banyak melakukan praktek, sedangkan biasanya mereka menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih lanjut untuk memperbaiki dan mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka belajar di jenjang SMK. Secara umum, keberadaan kurikulum merdeka ini menjadi tolak ukur baru tentang semakin berkembangnya proses pembelajaran yang terjadi di sekolah, sehingga bisa menjadi evaluasi bersama untuk terus mengembangkan potensi siswa yang ada

References

Dewantara, A. A. N. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 9(2), 275–286.
Madhakomala. Aisyah, L., & Rizqiqa, F. N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan. 8(2), 162–172.
Pratycia, A., Putra, A. D., & Salsabila, A. G. M. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 3(1), 58–64.
Rohimajaya, N. A., Hartono, Rudi. & Yuliasri, Issy. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 825–829.
Susanto, Purwadi. 2020. Buku Saku Merdeka Belajar. Jakarta: Direktorat SMA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susilowati, E., dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Sience Education. 1(1), 115–132.
Utami, W. B., Sulthoni. & Wedi, Agus. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 6(3), 285–294.
Wafa, A., & Wardi, M. (2019). Implementasi Literasi dan Motivasi Membaca Siswa di SMKN 1 Omben Sampang. KABILAH: Journal of Social Community. 4(2), 55–68.
Yaelasari, M., & Astuti, Y. V. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Cara Belajar Siswa untuk
Published
2024-01-20