Peran Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Terhadap Internalisasi Pendidikan Karakter Siswa

  • azizah baiti nikmah IAIN(Institut Agama Islam) Ponorogo
  • Khoirun Nikmah IAIN Ponorogo
Keywords: hizbul wathan, ekstrakurikuler, Karakter siswa

Abstract

Abstract: Education is a crucial element in forming individual character, especially in an increasingly complex era. Extracurricular activities, such as Hizbul Wathan, play an important role in the process of forming students' character by focusing on values ​​such as discipline, responsibility, leadership and religious values. Hizbul Wathan is a scouting organization within Muhammadiyah which aims to develop positive values, skills and attitudes needed to face the future based on the Islamic religion. Hizbul Wathan extracurricular activities at SMA 1 Muhipo have an important role in forming students' character. Apart from that, this extracurricular also allows students to express their talents and interests, so that they not only learn science, but also develop themselves in various aspects. In the process, the Hizbul Wathan extracurricular internalizes 13 student characters in accordance with the decision of the Ministry of National Education, through various activities such as ceremonies, PBB, rigging, code reading, entrepreneurship, games, semaphore, and Melati cadets. This creates an environment that supports the formation of students' character who is disciplined, responsible, creative, socially caring, loves the country, tolerant and religious.

Key words:  Student character, extracurricular, Hizbul Wathan

Abstrak:  Pendidikan merupakan unsur krusial dalam pembentukan karakter individu, terutama dalam era yang semakin kompleks. Ekstrakurikuler, seperti hizbul wathan, berperan penting dalam proses pembentukan karakter siswa dengan fokus pada nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, kepemimpinan, dan nilai-nilai keagamaan. Hizbul wathan adalah organisasi kepanduan di lingkungan Muhammadiyah yang bertujuan mengembangkan nilai-nilai positif, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menghadapi masa depan dengan berlandaskan agama Islam. Kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan di SMA 1 Muhipo memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Selain itu, ekstrakurikuler ini juga memungkinkan siswa untuk mengekspresikan bakat dan minat mereka, sehingga mereka tidak hanya belajar ilmu pengetahuan, tetapi juga mengembangkan diri dalam berbagai aspek. Dalam prosesnya, ekstrakurikuler hizbul wathan menginternalisasikan 13 karakter peserta didik sesuai dengan keputusan Kemendiknas, melalui berbagai kegiatan seperti upacara, PBB, tali temali, pembacaan sandi, kewirausahaan, permainan, semaphore, dan taruna Melati. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter siswa yang disiplin, tanggung jawab, kreatif, peduli sosial, cinta tanah air, toleransi, dan religius.

Kata kunci: Karakter siswa, ekstrakurikuler, hizbul wathan

References

Efendi, Musni “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN PADA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH VI PALEMBANG”, conciencia Jurnal Pendidikan Islam,

Departemen diklat kwartir, (2013)Gerakan Kepanduan Hizbul wathan Tuntunan Penghela (Yogyakarta: Puat Pengadaan Perlengkapan Hizbul wathan)

Kusumandari, Puji Nur Rohmah, (2018)“Manajemen Ekstrakurikuler Hizbul wathan untuk Membentuk Karakter Keepemimpinan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta”, vol 3, Jurnal Pendidikan Madrasah

Siharti, Alfi Difa’ul Husna, dkk (2021) “PERAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI SISWA TUNA LARAS”, vol 1 no. 8, Jurnal Inovasi Penelitian

S. Margono, (1997) Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rinea Cipta)

Subadi, Tjipto (2006) Metode Penelitian Kualitatif. (Surakarta: Muammadiyah University Press)

Emzir, (2011) “Analisis Data Metodologi Penelitian Kualitatif” (Jakarta: Rajawali pers)

AD ART Hizbul wathan, (Yogyakarta kwartir Pusat Gerakan Hizbul wathan, 2016) pasal 8 bab V,

Hadi, Aqsal Guntara dan Abdul Salam, (2022) “Gerakan Kepanduan Hizbul wathan: Organisasi Otonom Muhammadiyah di Sumatra Barat (2005-2014)”, vol. 4 no. 3 Jurnal Kronologi

silvia, Hayun skripsi “Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul wathan di SMA Muhammadiyah Yogyakarta”, (Yogyakarta: UNY Yogyakarta 2016),

Suryanto, Eko, Wiyono, dan Agus Setiyono, (2017) “PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS PADA SISWA MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo)”, vol. 20, No. 1, Jurnal Historika.

Rosydiana, Wildan Novia skripsi “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN DI LINGKUNGAN PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH BANYUMAS”, (Purwokerto: IAIN Purwokerto,2020),53.

Department Diklat Kwartir Pusat Hisbul Wathon, (2013) Kurikulum Kepanduan Hisbul Wathon Tingkat Athfal, Pengenal, Penghela, Penutun (Yogyakarta: Gradasi Media,)

Hayun Hanifa, Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Melalui Kegiatan Estrakurikuler Hisbul Wathon, (ponorogo: skripsi, 2016)

Department Diklat Kwartir Pusat Hizbul wathan, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathon Tuntunan Penghela, (Yogyakarta: Pusat Pengadan Perlengkapan HW, 2013)

Mahmud, (2017) Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta,)

Khumairah, Vina, Upaya penanaman karakter disiplin dan kemandirian siswa kelas X di SMA 1 Muhipo (skripsi: IAIN Ponorogo),

Fitriani, Shofiah penanaman nilai-nilai karakter religious dalam ekstrakurikuler hizbul wathan di MTS Muhammadiyah patik raja banyumas (skripsi: institute agama islam negeri (IAIN) purwokerto.),

Kusumandari, P., & Rohmah, N. (2018). Manajemen ekstrakurikuler Hizbul

wathan untuk membentuk karakter kepemimpinan siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1)

delvira, Vina, Upaya Penanaman Karakter Kepemimpinan Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas X Di SMA 1 Muhipo (Skripsi: IAIN Ponorogo)

Tsauri, Sofyan (2015) PENDIDIKAN KARAKTER Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa, (jember: IAIN Jember Press)

Published
2024-01-10