Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishmen Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Relasi Dan Fungsi

Indonesia

  • Arifin Nur Ikhsan STKIP Modern Ngawi
  • Oki Ribut Yuda Pradana STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
Keywords: Punishmen, Reward, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada nilai ulangan harian matematika  semester I pada materi relasi dan fungsi. Hasil belajar yang rendah tersebut  disebabkan siswa tidak disiplin dalam belajar, sehingga perlunya pendisplinan dalam pembelajaran yaitu  dengan pemberian Punishmen bagi siswa yang melanggar dan  reward  bagi siswa yang berprestasi. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengaruh pemberian reward dan Punishmen  terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan populasi siswa MTs Guppi Padas Ngawi kelas VII yang berjumlah 50 siswa.Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji analisis regresi sederhana. Hasil penelitian memberikan kesimpulan 1) Adanya pengaruh pemberan reward dan Punishmen  terhadap hasil belajar siswa dengan Thitung  19,139 lebih besar dari Ttabel yaitu 2,069.

References

Agusnadi, A. (2014). Efektivitas Pemberian Sanksi Bagi Siswa Pada Pelanggaran Tata Tertib Di Smp 2 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8).
Aina Mulyana. (2020). Pengertian Hasil Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ainamulyana.Blogspot.Com.
Amirudin, A., Nurlaeli, A., & Muzaki, I. A. (2020). PENGARUH METODE REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2). https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102
Amsari, D. (2018). IMPLIKASI TEORI BELAJAR E.THORNDIKE (BEHAVIORISTIK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Basicedu, 2(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.49
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.
Bahrul Hayat, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs NU PUTRA 2 BUNTET PESANTREN. Tsaqafatuna, 3(2). https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i2.76
Fakhrurrazi, F. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. At-Tafkir, 11(1). https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Feri Nasrudin, 2015. (2015). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas vi sd negeri di sekolah binaan 02 kecamatan bumiayu kabupaten brebes. Jurnal Pendidikan.
Fu’ad, S. N., Khoir, N., Nikmatul F, D. J., Setiawan, S., Septianingsih, T., & Rohmawati, A. (2019). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT DI MTS. Factor M, 1(2). https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1617
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. In SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education (Vol. 4, Issue 1).
Manik, R. (2019). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurnal Masalah Pastoral.
Novalinda, R., Syahbana, A., & Septiati, E. (2020). METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.913
Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. Al-Khawarizmi, 2.
Saumadhani, A., & Surjanti, J. (2021). Analisis Faktor Konsep Diri, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Ekonomi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.2913
Solichin M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Test.Journal.Unipdu.Ac.Id, 2(2).
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. International Migration Review, 47(2)..
Tukloy, F., & Bahtiar, B. (2020). UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT SMA NEGERI 1 TUAL. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 5(1). https://doi.org/10.20414/konstan.v5i1.51
Yusuf, M., Sihkabuden, S., & Praherdhiono, H. (2019). PEMBELAJARAN MODEL PROJECT-BASED TEACHING PRACTICES BERBANTUAN WEB PADA MATERI PERENCANAAN DAN PEMUTAKHIRAN JARINGAN. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.17977/um031v5i12018p008
Published
2022-07-23