Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Indonesia
Abstract
Skripsi ini membahas apa saja kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII-A SMPN 1 Bringin dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan segiempat di tinjau dari gaya kognitif field independence dan field dependence yang di miliki oleh siswa. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Peneliti ini menggunakan triangulasi teknik untuk menguji keabsahan data. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling, dipilih 4 subjek penelitian yaitu 2 subjek yang memiliki gaya kognitif field independence dan 2 yang subjek memiliki gaya kognitif field dependence. Hasil penelitian ini siswa yang memiliki gaya kognitif field independence cenderung melakukan kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penggunaan rumus. Sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence cenderung melakukan kesalahan memahami masalah, kesalahan menggunakan rumus, kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan menarik kesimpulan.
References
Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Al-Mabsut, 3(1), 63–69. www.ifets.into/journals/91/23.pdf
Markus, S. (2019). The Programme for International Student.
Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M. A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Supriyanto, D. H., & Rahmawati, A. D. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Styrofoam Kelas III SDN Tambakromo II Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 10–17. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i3.9