Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa
Indonesia
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar ditinjau dari sikap ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri Ngraho dengan rancangan factorial 2x2. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan nilai Fhitung (A) = 11,26 > Ftabel = 4,01. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan Pendekatan RME berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain hal tersebut, Sikap ilmiah siswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan nilai Fhitung (B) = 73,1 > Ftabel = 4,01. Adanya pengaruh pendekatan RME dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa tidak dibarengi dengan adanya interkasi antara dua pengaruh tersebut yang ditunjukan dengan nilai Fhitung (AB) = 0,077 < Ftabel = 4,01. hal tersebut dikarenakan beberapa faktor serta variabel yang muncul selama proses penelitian yang tidak dapat dikontrol secara langsung oleh peneliti.
References
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.
Firmansyah, D. (2015). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34–44.
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106.
Isrok’atun & Rosmalia, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
Pandu, Y. K. (2021). Pengaruh Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 5 Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 70–84.
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93.
Puspita, L., Budiman, H., & Thessalonica, M. A. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7E disertai Teknik Talking Stick Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Protista. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 205–216.
Razak, F., & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa, 7(1), 133–142.
Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih komprehensif. Change Publication.
Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan, 5(2), 259–278.
Wahyudi. (2016). Pengembangan Model Realistic Mathematics Education (RME) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Mahasiswa Pedidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 2, 47–57.