Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Covid-19 Kelas VII SMP Negeri 3 Ngrambe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika selama pandemi covid-19, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan identifikasi faktor penghambat selama proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Fokus dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter dengan subjek satu guru matematika dan juga lima siswa, kelas VIIA di SMP N 3 Ngrambe, penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Ngrambe karena sekolah tersebut merupakan sekolah yang sebelumnya memiliki penelitian tentang karakter tetapi sebelum terjadinya pandemi COVID-19. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) Pelaksanaan pendidikan karakter guru selama masa pembelajaran selama pandemi covid-19 berjalan dengan baik. Dilihat dari perencanaannya, RPP yang digunakan secara online belum tertulis, tetapi dari penjelasan guru ada pendidikan karakter. Dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat adanya pendidikan karakter berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Artinya, dimulai dengan kegiatan sholat yang mencerminkan pendidikan sopan santun, dalam melaksanakan tugas dan memberikan materi pendidikan karakter, dapat diketahui bahwa siswa mendapatkan pendidikan karakter berupa kedisiplinan. Kemudian pada tahap evaluasi, terdapat pendidikan karakter berupa penilaian siswa berupa kejujuran, keadilan dan keterbukaan. (2) Faktor-faktor yang membuat pendidikan karakter peserta didik dalam pembelajaran matematika tidak berjalan sempurna antara lain: faktor internet, metode pembelajaran dan faktor lingkungan siswa.
References
Husin, A. & Maksum, H. 2017. Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Proses Belajar Mengajar Ips/Kn. Universitas Syiah Kuala Aceh
Ardan, F. 2017. Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas viii smp negeri 2 sungguminasa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta Bandung
Dimyati & Mudjiono. 1945. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud, Jakarta
Esterberg & Kristin G. 2002. Qualitative Methods Ins Social Research, Mc Graw Hill, New York Global.Jakarta: Grasindo Grafindo Persada, Jakarta.
Irawan, Suciati, & Wardani. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar. Depdikbud, Jakarta
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara
Miles, M. B, & Huberman, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.
Nasution, S., 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tersiti
Nasution, S., 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta
Ovi , Y. 2013. Pendidikan karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati, Qualitative Research, Kendall/Hunt Publishing Company, Dubuque, lowa
Rizqon. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7 (5)
Samani, M. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter .Remaja Rosdakarya: Bandung
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta: Bandung.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan, Uny Press: Yogyakarta
Sugiono. 1998. Metodologi Penelitihan Administrasi, CV. Alfabeta: Bandung
_______. 2010, Metode Penelitihan Kuantitatif Kualitatif dan R &D, Alfabeta: Bandung
_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet 22; Alfabeta: Bandung
_______. 2010. Statistika untuk Penelitian, Alfabeta: Bandung
Arikunto, S. 1986. Pengelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Rajawali: Jakarta
Suyanto. 2010, Pendidikan Karakter, Rineka Cipta: Jakarta