PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PITU

  • Nia Purwati STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP MODERN NGAWI
Keywords: Missouri Mathematics Project, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan mendeskripsikan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas IX yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri mathematic project (MMP). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A berjumlah 11 orang siswa dikelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator motivasi hasil belajar siswa . hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) nilai rata-rata posttest siswa memenuhi nilai KKM yang ditetapkan yaitu lebih besar sama dengan 85. Ini berarti bahwa nilai rata-rata posttest secara signifikan lebih dari 80; 2)  nilai posttest yang diperoleh siswa telah tuntas secara klasikal berdasarkan uji anava, ini berarti hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Missouri mathematics project meningkat secara signifikan.

References

Alba, Muttaqid, Chotim, M., & Junaedi. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif . 4(2)

Ayu, H., Budiyono, & Fitriana. 2018. Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Kartu Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii SMP Negeri 24 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Jannah, M. 2013. Penerapan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). digilib.uns.ac.id

Julaiha, E. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMPN 5 Pemulutan. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2)

Manning, M. A. 2007. Self-concept and self-esteem in adolescents. National Association of School Psychologists. www.naspcenter.org diakses 16 april 2021

Published
2021-06-30