IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswamelalui pembelajaran pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental research). Penelitian terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t.Hasil penelitian menunjukan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswaantara kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran pendekatan PMRIdengan sesudah dikenai tindakan. Berdasarkan nilai dari rata-rata masing-masing tindakan pembelajaran didapat kesimpulan penelitian kelas sesudah dikenai tindakan dengan nilai rata-rata 75,41 lebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan dengan nilai 66,67. Hal tersebut berarti kemampuan pemecahan masalah siswapada kelas sesudah dikenai pembelajaran pendekatan PMRIlebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran spendekatan PMRI