Analisis Model Pembelajaran PjBL pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pancasila di SMAN 1 Ngunut
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pelaksanaan projek penguatan profil pancasila (P5) di SMAN 1 Ngunut sebagai bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada kesesuaian pelaksanaan proyek berbasis masalah nyata serta tahapan pembelajaran yang dijalankan sesuai dengan prinsip konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis dokumen terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), khususnya pada modul P5 untuk Fase E dan Fase F. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur dan tahapan kegiatan dalam modul P5 di SMAN 1 Ngunut telah sesuai dengan karakteristuk PjBL yang meliputi aktivitas berbasis proyek, sementara guru berperan sebagai fasilitator. Siswa dilibatkan aktif dalam pengamatan, wawancara, diskusi kelompok, serta pembuatan produk akhir, sehingga mampu mendorong siswa membangun pengetahuan secara mandiri dan kolaboratif, serta mengembangkan kompetensi kritis, kreatif, dan sosial sesuai dengan Profil Pancasila. Namun, tantangan seperti kurangnya pemerataan partisipasi siswa dalam keja kelompok menjadi salah satu hambatan daam implementasi.
References
Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono, S. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i2.6112
Amarlita, D. M., & Utaminingsih, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa. Journal on Education, 07, 544–549.
Anggraheni, F. Y. (2024). The Effectiveness of IBL and PBL Models in Terms of Self- Confidence and Students ’ Metacognitive Ability. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 433–440. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1057
Anggraheni, F. Y. (2025). Workshop Pengembangan Media Pendidikan Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Quizziz, Kahoot, dan Padlet. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(1), 19–25. https://doi.org/10.37471/ijce.v6i1.1144
Anggraheni, F. Y., & Kismiantini. (2022). Relationships of metacognition and learning time to mathematics achievement-PISA 2018 findings in Indonesia. AIP Conference Proceedings, 2575(1), 40013. https://doi.org/10.1063/5.0108028
Anggraheni, F. Y., & Maspiroh, I. (2025). The Higher Education System : Basic Concepts and Implications for Institutional Governance. Antroposen Journal of Social Studies and Humaniora, 4(13–24). https://doi.org/10.33830/antroposen.v4i1.12131
Arya Hasan As’ari, Nur Rofi’ah, & Mukh Nursikin. (2023). PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4). https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.963
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Hidayati, N., Hidayati, D., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1). https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Natalia Aristina Dewi, Ifana Sari, Y., & Ba’diya Kusufa, R. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Tema Kebhinekaan Global Dengan Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) Di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Malang, ( Studi Deskripsi Di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2). https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9183
Nugraheni, R., Arita, M., Maratun, N., & Iis, N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1). https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Septiani, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3). https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14211
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. HUMANIKA, 19(2). https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Utomo, A. C., Abidin, Z., & Rigiyanti, H. A. (2020). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mahasiswa PGSD. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1). https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.103
Wayan Sunita, N., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. WIDYADARI : Jurnal Pendidikan, 20(1).
Yunita Anggraeny, V., Alfiah Sulalatin, S., & Rahmantika Hadi, F. (2023). PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM AKTIVITAS SISWA DI SDN 1 BEDINGIN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8942