Efektivitas Model Pembelajaran Problem Open Ended dan Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

  • Heri Cahyono STKIP MODERN NGAWI
  • Lia Septy Nirawati STKIP Modern Ngawi
  • Anugrah Salsabila STKIP Modern Ngawi
Keywords: Problem Open Ended, Talking Stick, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Pendidikan di sekolah sekarang ini harus mendapat perhatian yang serius, karena sebagian besar nilai siswa masih perlu ditingkatkan. Masalah yang sering dihadapi siswa adalah kurangnya pemahaman pada materi pembelajaran. Problem Open Ended dan Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah model pembelajaran yang lebih baik dengan model Problem Open Ended atau dengan Talking Stick terhadap prestasi belajar siswa pada materi himpunan, (2) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika siswa lebih baik antara siswa yang motivasinya tinggi, siswa yang motivasinya sedang, dan siswa yang motivasinya rendah pada pembelajaran matematika materi himpunan, (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran Problem Open Ended dan model Talking Stick dengan motivasi siswa tinggi, sedang, maupun rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan jenisnya adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dengan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalan dengan sel tak sama.

Hasil uji hipotesis dengan uji anava (α = 0,05) menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan efek antar baris terhadap variabel terikat (Fobs = 0,265 dan Fα = 4,076), (2) terdapat perbedaan efek antar kolom terhadap variabel terikat (Fobs = 5,43 dan Fα = 3,22), (3) tidak ada interaksi antara baris dan kolom terhadap variabel terikat (Fobs = 0,39 dan Fα = 3,22). Kesimpulan dari hasi penelitian ini adalah (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Open Ended tidak berbeda dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran matematika materi himpunan, (2) prestasi belajar matematika siswa yang motivasinya tinggi lebih baik dari pada siswa yang motivasinya sedang dan rendah, siswa yang motivasinya sedang sama baiknya dengan siswa yang motivasinya rendah pada pembelajaran matematika materi himpunan. (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Open Ended dan Talking Stick dengan motivasi tinggi, sedang, maupun rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-07
Section
Articles