Jurnal Pendidikan Modern http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm <div class="additional_content"> <p>Jurnal Pendidikan Modern teregistrasi dengan<strong> E-ISSN : <a title="E-ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1494824548&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2580-099X</a></strong>&nbsp;dan <strong>P-ISSN : <a title="P-ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1433909297&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2460-1225</a></strong>.</p> </div> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US jpm@stkipmodernngawi.ac.id (Tri Wardati Khusniyah) khusniyah.tw@stkipmodernngawi.ac.id (Tri Wardati Khusniyah) Tue, 28 Sep 2021 10:42:23 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di Kecamatan Rajabasa http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/284 <p>Teknologi Informasi dan komunikasi berkembang pesat di masyarakat. Tidak semua kalangan mampu beradapsi dengan perkembangan teknologi. Hal ini menjadi faktor dari kesenjangan digital, sehingga muncul istilah baru yakni gagal teknologi (gaptek). Kesejangan digital merupakan ketidak mampuan individu dalam merasakan manfaat dari teknologi informasi karena kurangnya akses dan kemampuan dalam penggunaan TIK. Kesenjangan digital karena belum tersedianya dana dan sumber daya yang mendukung lembaga pendidikan serta sarana dan prasarana yang terkait dengan infrastruktur komunikasi berbasis TIK yang terbatas, dan yang menjadi kendala yakni belum siapnya budaya dan kultur penggunaan dan pemanfatan TIK. Penelitian ini untuk melihat kesenjangan digital yang terjadi di kalangan guru di Kabupaten Lampung Selatan Kecamatan Rajabasa. Penelitian ini di kaji berdasarkan dari teori dan pendapat ahli, mengenai kesenjangan digital pada guru senior dan guru junior yang begitu signifikan dalam pengoprasian perangakat TIK.<strong>Kata kunci</strong>: Kesenjangan Digital., <em>Hadwere, Shoftwer, Useware</em></p> Zulfa Hazizah, Henry Aditia Rigianti Copyright (c) 2021 Zulfa Hazizah http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/284 Tue, 28 Sep 2021 10:39:21 +0700 Penerapan Pola Asuh Orang Tua sebagai Strategi Belajar untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/300 <p>Masa pandemi ini anak-anak belajar dirumah dengan cara belajar online , selain itu belajar tanpa bimbingan guru penggantinya ialah orang tua untuk mengajarkan atau mengarahkan dalam pembelajaran online ini agar tujuan pembelajaran secara efektif tercapai, bahwasanya pembelajaran online ini sangatlah tidak mudah masih banyak orang tua yang mengeluh dengan pembelajaran online ini. Penilitian ini memiliku tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dimasa pandemi ini agar siswa selama belajar di rumah lebih semangat dan belajar secara efektif seperti pembelajaran disekolah. Penilitian ini menggunakan metode penelitian smartpls untuk mengumpulkan data yaitu angket. Dengan cara menyebarkan link terhadap orang tua yang memiliki anak bersekolah. Dengan adanya penelitian ini menunjukan bahwa terdapat adanya memiliki hubungan yang positif dalam pola asuh orang tua terhadap anak nya dalam motivasi belajar siswa. Bahwasannya ada nya sekolah online atau dirumah ini selama pandemi belajar berjalan secara efektif seperti belajar disekolah.</p> Kiki Maulina, Lina Riyani, Mira Destyaningrum , Yofie Nur faaiqah , Zulherman Copyright (c) 2021 Lina Riyani http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/300 Tue, 28 Sep 2021 11:27:14 +0700 Peran Guru dalam Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Anak Usia Dini di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/306 <p>Dewasa ini banyak terjadi kesalahpahaman antara orantua yang menginginkan ankanya untuk pintar, padahal pintar itu sendiri bukan hanya dari kegiatan membaca, menulis, dan berhitung, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada khalayak masyarakat agar lebih memahami mengenai dunia anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi, kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut yaitu&nbsp; guru sebagai pemfasilitas bagi siswa atau peserta didiknya, guru sebagai pemberi pelajaran dan pemotivasi, serta guru sebagai pembentuk karkter pada peserta didiknya.</p> Yuyun Indah Sari, Hibana, Susilo Surahman Copyright (c) 2021 Yuyun Indah Sari http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/306 Tue, 28 Sep 2021 11:57:11 +0700 Small Group Learning: Solusi Belajar pada Masa Pandemi http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/358 <p>Pembelajaran melalui daring pada pandemi Covid-19 memiliki dampak negatif, salah satunya ialah penurunan kualitas pendidikan <em>(learning</em><em> loss). S</em>alah satu upaya untuk menanggulangi <em>learning loss</em> dapat dilakukan dengan membuat kelompok belajar kecil di setiap daerah pada level RT dengan konsep Kampung Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan <em>Small Group Learning</em> sebagai upaya mengatasi <em>learning loss</em> serta mengetahui perspektif peserta didik dan orangtua terhadap penerapan metode <em>Small Group Learning</em> ini. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 100 peserta didik tingkat SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data, Penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan menggunakan sumber data yang berasal dari guru.&nbsp;&nbsp; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode <em>Small Group Learning</em> dengan konsep Kampung Belajar dinyatakan efektif dan mampu memberikan solusi terhadap <em>learning loss</em> yang dihadapi peserta didik serta mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.</p> Farid Helmi Setyawan Copyright (c) 2021 Farid Helmi Setyawan http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/358 Wed, 29 Sep 2021 00:00:00 +0700 Profil Sikap Ilmiah Pada Mata Kuliah Biologi Dasar II http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/361 <p>Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan sikap ilmiah mahasiswa pada pembelajaran biologi dasar II. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan IPA semester 2 STKIP Modern Ngawi tahun akademik 2020/2021. Penelitian dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap awal yaitu perencanaan, tahap kedua yaitu pelaksanaan, dan tahap akhir yaitu analisis data. Instrumen dalam penelitian ini berupa observasi sikap ilmiah mahasiswa dengan indikator rasa ingin tahu, tanggung jawab, kerjasama dan kritis. Berdasarkan hasil observasi didapatkan nilai skor rata rata sikap ilmiah tertinggi adalah indikator tanggung jawab 78,34% dengan nilai&nbsp; mendapatkan kriteria baik .Indikator rasa ingin tahu dengan nilai 71,21%&nbsp; mendapatkan kriteria baik. Indikator kerjasama mendapatkan nilai 74,52% dengan kriteria baik .Indikator kritis mendapatkan nilai 65,27% dengan kriteria cukup. Rata-rata persentase sikap ilmiah mahasiswa pendidikan ipa semester 2 pada perkuliahan biologi dasar ii tahun akademik 2020/2021 yaitu 72,34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah mahasiswa pada perkuliahan biologi dasar ii tergolong kategori baik.</p> Desi Nuzul Agnafia Copyright (c) 2021 Desi Nuzul Agnafia http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/361 Wed, 29 Sep 2021 00:00:00 +0700