Kemudahan Eliminasi Miskonsepsi Ikatan Kimia pada Siswa dengan Efikasi diri yang Berbeda

  • Septyadi David Eka Aryungga STKIP Modern Ngawi
  • Farida Hannum STKIP Modern Ngawi
Keywords: eliminasi miskonsepsi, efikasi diri, strategi konflik kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sebaran efikasi diri siswa dan (2) mengetahui kemudahan eliminasi miskonsepsi pada siswa dengan efikasi yang berbeda. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas X Sains 1 dan X Sains 4 SMA Trensains Tebuireng Jombang yang berjumah 44 siswa. Data penelitian adalah sebaran tingkat efikasi diri siswa, eliminasi miskonsepsi pada efikasi diri yang berbeda, dan Eliminasi Miskonsepsi pada Efikasi Diri yang Berbeda pada Masing-Masing Miskonsepsi. Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Ikatan Kimia (TDTIK). Tingkat efikasi diri  siswa diukur menggunakan SELP. SELP sendiri merupakan bagian dari Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich, dkk. (1991). Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Kemudahan eliminasi miskonsepsi diidentifikasi berdasarkan penurunan jumlah miskonsepsi yang terjadi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pertama, sebaran tingkat efikasi diri siswa kelas X SMA adalah 25,0% siswa di tingkat rendah, 50,0% siswa di tingkat sedang , dan 25,0% siswa di tingkat tinggi; kedua, eliminasi miskonsepsi lebih mudah dilakukan pada siswa yang telah mencapai tingkat operasi formal dibandingkan siswa dengan tingkat konkret

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-05
Section
Articles