Membangun Nilai-Nilai Karakter dengan Metode Memancing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

  • Putri Zudhah Ferryka PGSD Universitas Widya Dharma Klaten
Keywords: nilai-nilai karakter, metode memancing

Abstract

Menanamkan nilai karakter kepada siswa harus dilakukan sejak usia dini agar dapat
mencetak generasi Indonesia yang semakin berkualitas. Potensi karakter baik dalam diri
siswa sebenarnya telah dimiliki tiap manusia sebelum dilahirkan. Namun pembinaan
karakter tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan agar dapat mewujudkan generasi
bangsa yang berkualitas. Dengan demikian penanaman nilai-nilai karakter melalui
sosialisasi dan pendidikan kepada anak-anak adalah kunci utama untuk membangun
bangsa. Karakter siswa akan selalu baik jika dalam proses tumbuh kembangnya
mendapatkan cukup ruang untuk mengekspresikan diri secara leluasa. Salah satu contoh
kegiatan pembelajaran dalam matematika yang dapat mengekspresikan siswa secara leluasa
melalui metode memancing. Metode memancing melibatkan siswa secara aktif melalui
suasana pembelajaran yang inspiratif dan menyenangkan. Dengan metode memancing guru
dapat menanamkan nilai-nilai karakter, seperti religius, kejujuran, disiplin, kerja keras,
kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli
lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab

Downloads

Download data is not yet available.