Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Proses Berfikir Siswa Kelas IV dalam Memecahkan Masalah Matematika

  • Djoko Hari Supriyanto STKIP Modern Ngawi
Keywords: pengaruh, kecerdasan, emosional, berpikir, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika sesuai dengan indikator kecerdasan emosional adapun indikator yang dapat menunjukkan seseorang telah mampu dalam mengelola emosinya. Mulai dari (1) kesadaran diri, (2) pengaturan diri, (3) motivasi, (4) empati, (5) keterampilan sosial. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif yang dilakukan di Kelas VI tahun  pelajaran 2019/2020 SDN Umbulrejo. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode angket dan wawancara dengan guru kelas VI. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data  yang digunakan adalah reduksi data,  menampilkan data,  serta melakukan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai kecerdasan  emosional tinggi juga mempunyai proses berpikir yang baik dalam memecahkan  masalah matematika. Siswa mampu melakukan semua tahap-tahap pemecahan masalah dari memahami masalah, merencanakan penyelesaiannya, menyelesaikan masalah sampai pengecekkan kembali. Hasil penelitian lainnya adalah siswa yang mempunyai kecerdasan emosional sedang hanya mampu menyelesaikan sebagian tes dengan benar dan proses berpikirnya siswa tersebut belum melakukan semua tahapan dalam pemecahan masalah, sedangkan siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah proses berpikir siswa juga rendah dalam menyelesaikan pemecahan masalah sehingga siswa belum bisa mengerjakan tes dengan benar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
Section
Articles