Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD

  • Dwi Hilana Yesika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fitroh Setyo Putro Pribowo Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), membaca pemahaman, Meta analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) guna meningkatan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian, mencari data atau jurnal yang relevan untuk dilakukan analisis. Dari penelusuran diperoleh hasil data penelitian 10 artikel yang relevan. Yaitu 8 artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 2 artikel kuantitatif (eksperimen). Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh hasil rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 87,71 %. Sedangkan pada penelitian kuantitatif (eksperimen) didapatkan hasil bahwa SQ3R berpengaruh terhadap membaca pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil uji t kedua penelitian dengan skor t1 = 2,212, t2 = 6, 29 dengan diperoleh rata-rata 4,251 sehingga disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan pemakaian model pembelajaran SQ3R berhasil meningkatkan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-30