Penggunaan Alat Peraga Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Penguasaan Materi Pembelajaran Matematika

  • Hardik Susilo SDN Karangtengah Prandon 2 Kabupaten Ngawi
Keywords: Penggunaan Alat peraga, Prestasi belajar, Matematika

Abstract

Untuk bisa mempelajari matematika dengan baik, kita perlu mengerjakannya yakni menggambarkan sesuatu dengan cara sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkannya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangtengah Prandon 2 dengan jumlah siswa 8 laki-laki dan 6 perempuan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, data aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data pengelolaan pembelajaran. Dari hasil analisis di dapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu rata-rata nilai disiklus I : 7,0 dengan prosentase ketuntasan belajar hanya 70,6 %. Sedangkan nilai rata-rata disiklus II : 8,1 dengan prosentase ketuntasan belajar 81,47%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat peraga dapat berpengaruh positif terhadap motivasi siswa kelas IV SDN Karangtengah Prandon 2, serta metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika di SD

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16