Penguatan PAUD melalui Kolaborasi PGPAUD dan BUMDes untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Pojok Tawangsari

  • Warih Anggi Pratiwi FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara
Keywords: Kolaborasi, PGPAUD, BUMDes, Pendidikan Anak Usia Dini, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Pojok.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui kolaborasi antara Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas PAUD serta pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan ekonomi yang melibatkan orang tua dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi PGPAUD dan BUMDes berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan anak, penguatan peran orang tua dalam pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi melalui pengelolaan usaha oleh BUMDes. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia, koordinasi yang kurang efektif, dan keterbatasan dana. Dukungan pemerintah dan budaya lokal yang mendukung gotong royong menjadi faktor pendukung utama keberhasilan kolaborasi ini. Penelitian ini menyarankan peningkatan pelatihan SDM, pengoptimalan sumber dana, dan perbaikan koordinasi antara PGPAUD dan BUMDes untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dan berkelanjutan.

Kata kunci: Kolaborasi, PGPAUD, BUMDes, Pendidikan Anak Usia Dini, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Pojok.

Published
2025-03-27