Workshop Pengembangan Media Pendidikan Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Quizziz, Kahoot, dan Padlet
Abstract
Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan pembelajaran di kota ngawi. Kegiatan ini dirancang untuk memudahkan pendidik, guru, dan calon guru untuk menambah informasi sekaligus sebagai sarana bertukar informasi untuk menciptakan pembelajaran yang asik dan menarik. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini berupa edukasi partisipatif dan pendampingan secara langsung. Evaluasi dilakukan dengan mengukur pemahaman peserta mengenai kegiatan yang berlangsung, tanya jawab tiap sesi, dan kuesioner. Hasil kegiatan menunjukan 97% peserta menyatakan puas dengan kegiatan yang berlangsung dan sisanya merupakan peserta yang menyatakan kurang puas. Persentase peserta yang belum pernah menggunakan Quizziz, Kahoot, Padlet menunjukan data lebih besar dibanding peserta yang sudah pernah menggunakan. Peserta belum pernah menggunakan Quizziz sebesar 52,9%, belum pernah menggunakan Kahoot 88,2%, dan padlet 100%.