Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Bumi dan Tata Surya Berbantuan Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Kelas VII

  • Resti Setyorini Nur Rokhmat STKIP Modern Ngawi
  • Desi Nuzul Agnafia STKIP MODERN Ngawi
  • Anis Zahrotin STKIP MODERN Ngawi
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Bumi dan Tata Surya

Abstrak

Penelitian difokuskan pada 24 siswa kelas VII A dan kelas VII D SMP Negeri 1 Pitu yang sebelumnya belum pernah mengenal topik terkait planet dan tata surya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran berbasis masalah pada media pop-up book dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada saat mempelajari topik ysng berkaitan dengan bumi dan tata surya. Metode yang digunakan yaitu metode purposive sampling dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik tertentu seperti pengetahuan, pengalaman, keahlian, atau informasi yang relevan dengan topik penelitian. Selama fase eksperimen, dua kelompok berbeda dilibatkan: kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Mereka menggunakan prosedur pemeriksaan dan dokumentasi. Hasil Pretest kelas eksperimen I dengan skor rata-rata 74,44, sedangkan hasil Pretest kelas eksperimen II dengan skor rata-rata 69,72. Hasil post-test dari kelompok eksperimen I menunjukkan skor 89,44 dan kelompok eksperimen II skor skor 74,44, masing-masing. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pitu telah meningkatsecara keseluruhan dalam hal subjek yang mereka bahas

Diterbitkan
2024-10-12
Bagian
Articles