Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP N 1 Ngawi

  • Alfinatul lutfaih stkip modern ngawi
  • Desi Nuzul Agnafia
Keywords: implementasi, penilaian, autentik, kurikulum 2013, smp

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran IPA di  SMP pada  kurikulum 2013. Metode yang di gunakan berupa wawancara dan observasi. Dengan subjek penelitian guru mata pelajaran IPA. Adapun hasil penelitian yang mencakup tiga ranah penilaian autentik yang di terapkan di SMP guru masih mendapatkan kesulitan dalam melakukan penilaian, khususnya pada ranah afektif (sikap) sehingga guru harus mencari alternatif lain yang dapat mempermudah penilaian yang di lakukan oleh guru. Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penilitian ini yaitu keterlaksanaan penilaian autentik yang di lakukan di SMP N 1 Ngawi sudah cukup berjalan dengan baik dan kedepannya  dapat terlaksana lebih baik lagi sehingga tidak ada kendala untuk keterlaksanaan penilaian autentik.

Published
2024-01-15