META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA

  • Iim Isnawati STKIP MODERN Ngawi
  • Anis Zahrotin STKIP MODERN Ngawi
  • Prisa Ivania Audrelia Putri STKIP MODERN Ngawi
Keywords: PBL, PELAJARAN IPA, HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam berpikir kritis siswa. Adapun tujuan eksperimen untuk untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa terutama pada jenjang SMP dengan menggunakan mata pelajaran IPA Terpadu. Sampel eksperimen ini adalah dari siswa SMP kelas 7 A 1 dan 7 A 2. Teknik yang digunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan 10 artikel ilmiah. Diantaranya ada tujuh jurnal nasional dan kemudian terdapat tiga jurnal internasional. Dengan menggunakan 10 artikel ilmiah,penelitian ini dapat menghasilkan sebuah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) banyak mempengaruhi bagi siswa terkait hasil belajar terutama dalam proses berpikir kritis. Eksperimen ini menggunakan teknik pengambilan Pre-test dan post-test. Dengan cara tersebut,dapat diketahui bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh banyak dampak positif bagi hasil belajar. Salah satunya adalah siswa dapat lebih kreatif dalam menyelesaikan sebuah studi kasus,siswa dapat melatih cara berpikir mereka menjadi lebih kritis,meningkatnya hasil belajar, meningkatnya berpikir kritis siswa,siswa dapat mengasah serta membangun keterampilan soft skill. Dampak positif untuk guru adalah guru dapat meningkatkan kreativitas dalam mengajar terutama dalam pelajaran IPA terpadu.

Published
2024-01-15