Studi Literatur Penerapan Manajemen Sekolah dalam Mengembangkan Peserta Didik
Abstract
Penerapan manajemen sekolah yang dapat mengembangkan peserta didik perlu dilakukan studi literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur. Sampel yang digunakan adalah purposive learning yang berkaitan penelitian tentang penerapan manajemen sekolah dan pengembangan siswa dengan rincian sebagai berikut: tujuh penelitian deskriptif kualitatif, tiga penelitian studi kasus dan dua penelitian survei. Tujuh penelitian deskriptif kualitatif akan dijadikan sebagai sampel dalam penerapan manajemen sekolah yang dapat mengembangkan peserta didik sedangkan 5 penelitian lainnya akan digunakan sebagai bahan pendukung untuk studi literatur ini. Berdasarkan hasil kajian studi literatur ini didapatkan bahwa 91,67 % penerapan manajemen sekolah berfokus pada peningkatan mutu pendidikan. Selain itu peningkatan perubahan karakter peserta didik juga menjadi alasan diterapkannya manajemen sekolah.