ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi dinamika rotasi, sebab materi dinamika rotasi merupakan materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran, siswa tidak hanya dituntut dalam penguasaan konsep tapi juga menerapkan konsep yang telah mereka pahami dalam penyelesaian masalah fisika termasuk dalam masalah dinamika rotasi benda menggelinding. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat diharapkan mampu mendukung keberhasilan dalam pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran yang diharapkan berpengaruh baik pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah, dengan rincian; mengidentifiaksi masalah 43%, menentukan persamaan 32 %, menggunakan persamaan 28 %, dan mengevaluasi solusi 21 %. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 31 % yang menunjukkan kategori rendah. Hal tersebut ternyata diakibatkan oleh pemahaman konsep siswa mengenai materi dinamika rotasi yang masih rendah, meskipun secara kontekstual siswa telah melaksanakan eksperimen sesuai konsep. Secara umum kesulitan yang dialami siswa pada topik pembahasan dinamika rotasi dipengaruhi oleh penguasaan konsep pada pengetahuan awal siswa. Disamping itu siswa belum mampu membedakan konsep gerak translasi dan gerak rotasi yang serta kesulitan memahami besaran baru yang terdapat pada gerak rotasi.