Kepuasan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura Ambon

  • Amjad Salong Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Hartika A.H. Gay Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Gazali Far-Far Pendidikan IPS, FKIP Unpatti
Keywords: Kepuasan, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini   untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran secara daring di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura Ambon, perubahan perilaku mendasar pada era pandemik Covid 19. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan instumen/kuisioner berisi 20 butir pertanyaan yang dikelompokkan menjadi 10 indikator utama. Pengolahan data menggunakan program MS Excel kemudian   di analisa menggunakan statistic deskriptif. Display data menampilkan data skor tertinggi, rata dan skor terendah. Masing-masing kelompok skor dianalisa dengan aspek –aspek indikator teori maupun hasil temuan data peneliti sebelumnya. Penetapan peneliti relevan yang dirujuk melalaui analisa literatur review bersumber dari jurnal dan buku yang bersumber dari hasil penelitian. Hasil analisis dalam penelitian ini berdasarkan lima dimensi indikator di atas, terkait kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring memiliki skor rata-rata dimensi tangible adalah 3,45 %, skor rata-rata dimensi reliability adalah 3,45 %, skor rata-rata dimensi responsiveness adalah 3,45 %, skor rata-rata dimensi assurance adalah 3,78 %, dan skor rata-rata dimensi empathy adalah 3,89 %. Secara keseluruhan responden memberikan skor rata-rata pada 24 item pernyataan positif dalam lima dimensi tersebut adalah 3,57%, sehingga berdasarkan kategori yang ditentukan, menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura merasa puas mengikuti pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambrawati, A. (2009). Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 2 Moyudan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 99-108.

Budhianto, B. (2020). Analisis Perkembangan Dan Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (E-Learning) 1(1): 13. Jurnal AgriWidya, 13.

Cahyawati, D. &. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Hambatan, Tingkat Kesetujuan, Materi, Beban Tugas, Kehadiran, Dan Pengelasan Dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 150-161.

Dwi, C. B. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 30-37.

Erni, G. (2021). Dampak Penerapan Pembelajaran Online (Daring) Nagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar). Skripsi. Makassar: . Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Istoria, 1-7.

Huba. (2020). Retrieved from https://www.pasundanekspres.co.

Hutabarat, H. D. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Medan Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Tinjau Dari Model Regresinya. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-8.

Irwanto, E. &. (2020). Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid-19: Pada Mata Kuliah Praktikum. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 264-269.

Mahasiswa, D. E. (2020). Survei Efektifitas Metode Pembelajaran Kuliah Daring Di UIN Sunan Kalijaga. Retrieved from dalam:http//demafebi.uin-suka.ac.id

Misran & Yunus, U. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Kelola: Jurnal Of Islamic Education Management, 125-136.

Monica, J. &. (2020). Efektifitas Penggunaan Zoom Meeting Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1630-1640.

Sadikin, A. &. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 214-224.

Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published
2023-07-18
Section
Articles