Kegiatan Demo Sains dan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Siswa SD Inpres SoE Un Desa Kuatae Kabupaten Timor Tengah Selatan
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar memerlukan adanya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa agar siswa mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu kegiatan yang mendukung pembelajaran IPA di SD adalah demonstrasi sains dan juga alat peraga sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan proses sains dan memudahkan siswa untuk memahami konsep materi dan membuat pembelajaran semakin mudah dan menyenangkan. Sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa kelas 4,5 dan 6 di SD Inpres Soe Un yang berjumlah 52 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, persiapan, pembekalan pembuatan alat peraga dan demo sains, presentasi demo sains dan alat peraga, serta implementasi ke peserta didik, dan evaluasi pelaksanaan PKM. Keberhasilan kegiatan ini dapat dlihat dari hasil observasi yang dilakukan selama kegiatan berlangsung, dimana siswa/siswi terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dengan demikian kegiatan PkM demo sains dan alat peraga yang dilakukan memberikan dampak yang lebih baik bagi peningkatan pemahaman konsep dalam mempelajari proses sains dan dapat meningkatkan komunkasi siswa.