Study Literature Penerapan Model Generative Learning

  • Ahmad Fiki N.Y Prodi Pendidikan IPA, STKIP Modern Ngawi, Indonesia
Keywords: Model Generatif Learning,  Meta Analisis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari model pembelajaran generatif learning terhadap kemampuan berfikir dalam pemahaman pembelajaran  siswa. Penelitian ini dilakukan secara meta analisis yaitu menemukan variabel terikat pada sejumlah variabel yang terdiri dari kelas, latar belakang etnis, pemilihan sampel, dan publikasi data. Teknik analisis menggunakan teknik tertulis yang berupa  reduksi data, penyajian data, artikel jurnal, laporan penelitian, dan penarikan kesimpulan dari data jurnal penelitian dengan tema yang sesuai dengan tujuan meningkatkan kemampuan  siswa belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran generatif / Generatif Learning. Berdasarkan analisis artikel jurnal diperoleh data dokumentasi, data kuantitatif, dengan  angka rata-rata skor persentase setiap indikator dalam jurnal penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran IPA mampu diterapkan dengan model pembelajaran generatif/generative learning secara kognitif berperan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis, bijak dalam pengambilan keputusan, agar mengetahui hasil minat belajar  dari model pembelajaran tersebut.

 

Published
2021-03-31