Study Literature Penerapan Model Generative Learning
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari model pembelajaran generatif learning terhadap kemampuan berfikir dalam pemahaman pembelajaran siswa. Penelitian ini dilakukan secara meta analisis yaitu menemukan variabel terikat pada sejumlah variabel yang terdiri dari kelas, latar belakang etnis, pemilihan sampel, dan publikasi data. Teknik analisis menggunakan teknik tertulis yang berupa reduksi data, penyajian data, artikel jurnal, laporan penelitian, dan penarikan kesimpulan dari data jurnal penelitian dengan tema yang sesuai dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran generatif / Generatif Learning. Berdasarkan analisis artikel jurnal diperoleh data dokumentasi, data kuantitatif, dengan angka rata-rata skor persentase setiap indikator dalam jurnal penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran IPA mampu diterapkan dengan model pembelajaran generatif/generative learning secara kognitif berperan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis, bijak dalam pengambilan keputusan, agar mengetahui hasil minat belajar dari model pembelajaran tersebut.