Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang berkaitan dengan penelitian tentang metode inkuiri dan berpikir kritis, dengan rincian sebagai berikut; 10 penelitian eksperimen, 3 penelitian survey, 3 penelitian deksriptif, 2 penelitian pengembangan dan 2 penelitian tindakan kelas. Sepuluh penelitian eksperimen tersebut akan dijadikan sebagai sampel untuk mencari besar pengaruh dari metode-metode pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis, sedangkan 10 penelitian lainnya ditambah dengan 10 penelitian eksperimen yang ada digunakan sebagai bahan pendukung untuk memetakan permasalahan-permasalahan yang sering dikaji. Berdasarkan hasil kajian meta analisis didapatkan bahwa sebesar 0,63 metode inkuiri berpengaruh sedang terhadap keterampilan berpikir kritis. Selain itu juga terdapat tujuh permasalahan yang melatarbelakangi penelitian-penelitian terkait atau muncul antara lain mengenai rendahnya keterampilan dasar, rendahnya aspek penguasaan masalah, dosen / guru/ pendidik masih menggunakan metode konvensional, lemahnya inovasi penggunaan metode pembelajarn, rendahnya strategi belajar siswa, terbatasnya waktu belajar, dan sulitnya materi yang harus dipelajari.