Penggunaan Media Berbasis Budaya Pacerin (Papan Cerdas Interaktif) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan berpikir kritis anak usia dini sangat dibutuhkan dalam menghadapi abad globalisasi pada abad 21. Perubahan yang terjadi secara fundamental dan berbeda dari masa sebelumnya yang meliputi perubahan budaya, sudut pandang, dan teknologi. Perubahan tersebut dapat menyebabkan budaya Indonesia luntur bahkan anak Indonesia lebih menyukai budaya asing dari pada budaya sendiri. Maka untuk menghindari hal itu, langkah defensif yang dapat dilakukan oleh guru adalah memberikan pembelajaran berbasis budaya. Memberikan materi pembelajaran berbasis budaya dengan suasana yang menyenangkan dan media yang menarik dapat meningkatkan semangat belajar. Dengan adanya media pembelajaran edukatif PACERIN (Papan Cerdas Interaktif) dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang informatif serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak. Media PACERIN merupakan media yang dapat digunakan untuk memberikan gambaran kepada anak bahwa di Indonesia memiliki berbagai budaya dan hal itu sangatlah istimewa kita juga harus cinta tanah air. Penelitian ini dilakukan kepada anak usia 5-6 tahun di Bimbingan Belajar Shangga Dharma kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah trigulasi data. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan dapat memberikan perubahan minat dan perkembangan peserta didik terhadap budaya Indonesia.