https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/issue/feedIndonesian Journal Of Education and Learning Mathematics2025-08-01T14:02:26+07:00Fani Yunida Anggrahenifanyunidanggraheni@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>IJELM: </strong>Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is a peer-reviewed open access journal published twice a year (April and October). IJELM provides a platform for lecturers, academics, researchers, practitioners and students to convey and share knowledge in the form of empirical and theoretical research articles. IJELM was successfully published twice in each volume and published in the online version (e-ISSN 2775-8397). The scope of IJELM is Mathematics Education, but is not limited to the following topics: Mathematics Ability, Mathematics Learning Models, Mathematics Learning Media, Curriculum Development, Assessment and Evaluation, Didactical Design Research (DDR), Realistic Mathematics Education (RME), Ethnomathematics, Research and Development (RnD).</p>https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/1260Telaah Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Melaya2025-08-01T14:02:25+07:00Ika Sofyanaikaaasofyana@gmail.comDela Munifatul Hasanahikaaasofyana@gmail.comBudi Sasomoikaaasofyana@gmail.com<p>Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Melaya, khususnya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah telaah pustaka (literature riview), dan analisis dokumen secara kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen kurikulum SMA Negeri 1 Melaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas lebih besar bagi guru dalam merancang pembelajaran berbasis proyek dan penguatan karakter, sehingga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Sementara itu, Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih terstruktur dan berorientasi pada pencapaian kompetensi dasar dengan penilaian yang sistematis. Kendala yang dihadapi dalam implementasi kedua kurikulum meliputi kesiapan guru, keterbatasan sarana prasarana, dan adaptasi terhadap perubahan metode pembelajaran. Secara keseluruhan, Kurikulum Merdeka dinilai lebih efektif dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan abad 21, sedangkan Kurikulum 2013 unggul dalam standarisasi evaluasi hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dan penyediaan fasilitas pendukung untuk mengoptimalkan pelaksanaan kedua kurikulum di SMA Negeri 1 Melaya.</p>2025-08-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematicshttps://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/1242Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah2025-08-01T14:02:25+07:00devialya lufianadevialyaa2020@gmail.comFani Yunida Anggrahenianggrahenify94@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran penerapan media gambar operasihitung bilangan cacah untuk guru dan siswa.Sesuai dengan kebutuhan siswa meliputi menarik dan praktis agar memiliki manfaat untuk menjadikan pengalaman belajar siswa menjadi lebih bermakna.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan menggunakan data yang sudah didapatkan berdasarkan wawancara,observasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang ada disekolah masih kurang menarik minat belajar siswa dan sebagian besar siswa membutuhkan media gambar pembelajaran matematika terutama pada materi operasi hitung bilangan cacah.</p>2025-08-01T02:13:45+07:00Copyright (c) 2025 Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics